Cara Mudah Perpanjang SIM Online, Terbaru 2022

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Cara Mudah Perpanjang SIM Online, Terbaru 2022

Cara Mudah Perpanjang SIM Online, Terbaru 2022

KEPONEWS.COM - Cara Mudah Perpanjang SIM Online, Terbaru 2022 Lengkap langkah dan syarat yang dibutuhkan, ikuti cara mudah perpanjang SIM Online berikut ini.Ilustrasi SIM. (Polri) Terkadang, mengurus perpanjangan SIM menjadi momen yang sangat melelahkan bagi seb...

Lengkap langkah dan syarat yang dibutuhkan, ikuti cara mudah perpanjang SIM Online berikut ini.

Ilustrasi SIM. (Polri)

Terkadang, mengurus perpanjangan SIM menjadi momen yang sangat melelahkan bagi sebagian orang. Ketahui bagaimana cara mudah perpanjang SIM Online berikut ini.

Apalagi jikalau kamu ialah orang sibuk dengan segudang kegiatan, baik itu bekerja atau sekolah. Mencari waktu untuk perpanjangan SIM pun sulit.

Layanan SIM juga buka setiap hari kerja, jadi seolah tak ada jadwal cocok antara kamu dengan waktu yang tepat untuk memperpanjang SIM.

Namun kamu tak perlu khawatir, seiring perkembangan teknologi, kini kamu bisa kok mengurus perpanjangan SIM secara online.

Dengan cara ini, maka kamu bisa menghemat waktu ketika hendak memperpanjang SIM yang hampir mati.

Masalahnya, banyak masyarakat yang belum tahu bagaimana cara memperpanjang SIM secara online.

Tapi tenang saja, tim telah merangkum tutorial bagaimana cara mudah perpanjang SIM Online, langkah demi langkah.

Ilustrasi pengendara sepeda motor. (Pixabay)Ilustrasi pengendara sepeda motor. (Pixabay)

Ketentuan perpanjang SIM secara online

Sebelum memutuskan untuk memperpanjang SIM, kamu harus memenuhi beberapa ketentuan seperti di bawah ini:

Perpanjangan SIM harus diurus sebelum masa berlaku berakhir.Kalau sudah berakhir, maka akan diminta mengurus SIM baru.Menyiapkan biaya PNBP SIM perpanjangan sebesar Rp80.000.

Biaya perpanjangan SIM ini berlaku tidak hanya untuk SIM A, tapi juga SIM A Umum, B1, B1 Umum, B2, dan B2 Umum.

Sedangkan untuk SIM C biayanya sebesar Rp75.000 dan SIM D Rp30.000. Sebagai tambahan, untuk pengajuan yang dilakukan secara online, ada biaya administrasi Rp5000.

Dokumen untuk perpanjangan SIM yang perlu dipersiapkan:

Sebelum memutuskan melakukan perpanjangan SIM, beberapa dokumen berikut ini perlu kamu persiapkan dulu.

Pemohon perpanjangan SIM wajib mengisi formulir yang sudah disediakan di website Korlantas Polri, seperti nama lengkap sesuai KTP.Menyiapkan data Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli setempat yang masih berlaku sebagai bukti bahwa pemohon merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).SIM lama yang masih berlaku.Surat kesehatan dari dokter, biasanya disediakan di lokasi.Surat keterangan lulus uji simulator

Cara Memperpanjang SIM secara online:

Apabila segala dokumen dan persyaratan sudah siap, kamu bisa mulai cara perpanjang SIM online melalui website http://sim.korlantas.polri.go. id/devregistrasi/.

Berikut ini ialah langkah-langkahnya:

Buka website Korlantas Polri dan pilih menu pendaftaran SIM online. Selanjutnya, klik opsi Perpanjangan SIM pada kolom isian jenis permohonan.Isi seluruh kolom isian pada formulir permohonan perpanjang SIM.Masukkan kode verifikasi, lalu klik tombol kirim. Pada tahap ini, kamu sudah selesai registrasi. Bukti registrasi akan dikirimkan ke email nantinya.Lakukan pembayaran biaya perpanjang SIM pengajuan perpanjang SIM. Pilih opsi pembayaran melalui EDC, ATM, atau teller bank BRI.
Pastikan jumlahnya sesuai dengan jenis dan tarif.Datang ke tempat SIM keliling/Satpas/gerai pelayanan yang telah dipilih saat registrasi online,

Bukan hanya melalui situs, kamu juga bisa memperpanjang SIM online melalui software, caranya ialah sebagai berikut:

Download software SINAR (SIM Nasional Presisi) di toko software HP kamu.Masukkan nomor handphone yang akan diverifikasi. Setelah itu Masukkan kode OTP agar sistem bisa memverifikasi data No. HP kamu yang aktif.Registrasi (NIK, SIM, Foto KTP, SIM dan Selfie)Verifikasi data NIK dan SIMPilih jenis SIM dan lokasi SatpasVerifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologiIsi rekening pengembalian (pembatalan).Pilih metode pengiriman.Upload pas foto dan tanda tangan.Pembayaran PNBP dan biaya kirimPenerbitan SIMKamu bisa memilih pengiriman langsung ke rumah atau alamat pemohon.

Itulah cara mudah perpanjang SIM Online. Selamat mencoba langkah-langkah di atas!

Kontributor: Tenang Lestari

Comments