Cara mudah mendapatkan tiket kereta api untuk mudik lebaran

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Cara mudah mendapatkan tiket kereta api untuk mudik lebaran

Cara mudah mendapatkan tiket kereta api untuk mudik lebaran

KEPONEWS.COM - Cara mudah mendapatkan tiket kereta api untuk mudik lebaran Lebaran merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul dengan keluarga. Tak heran bagi para masyarakat yang hidup merantau jauh dari orang tua, menjelang lebaran rajin mudik ke kampun...

Lebaran merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul dengan keluarga. Tak heran bagi para masyarakat yang hidup merantau jauh dari orang tua, menjelang lebaran rajin mudik ke kampung halaman. Dan sudah semenjak lama mudik dijadikan salah satu kebudayaan masyarakat Indonesia jelang lebaran.

Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk bisa pulang ke kampung halaman. Ada yang memakai kendaraan pribadi ada juga yang memakai transportasi umum. Namun bagi masyarakat yang ingin pulang kampung memakai transportasi umum harus dilakukan jauh-jauh hari. Karena biasanya harga tiket jelang lebaran lebih tinggi dan juga jumlah kursi terbatas.

Untuk menyiasati itu semua, bagi masyarakat yang memakai transportasi kereta api, pada 25 Februari lalu PT KAI sudah resmi menjual tiket kereta api perjalanan mudik lebaran secara online. Tahun ini, PT KAI menyediakan kereta api sebanyak 393 kereta api, atau naik 3 persen dibanding musim mudik tahun lalu.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan ShopBack beberapa waktu lalu terhadap lebih dari 1350 responden, 39% responden yang memilih mudik dengan tiket kereta api biasa memesan tiket perjalanan 1-2 bulan sebelum mudik.

Makanya, agar tidak kehabisan tiket kereta api saat mudik tahun ini, ada baiknya kamu mengikuti beberapa kiat di bawah ini ya!

1. Tentukan tanggal keberangkatan

Hal yang paling penting ialah menentukan tanggal perjalanan mudik meski pemerintah belum menetapkan tanggal cuti bersama. Kamu harus sudah bisa mengira-ngira kapan waktu yang pas untuk mudik lebaran tahun ini. Kalau sudah menentukan tanggal, cek jadwal reservasi dan pembelian kereta yang sudah ditentukan oleh PT KAI.

2. Siapkan Data Identitas

Kalau kamu ingin membeli tiket mudik secara kolektif untuk keluarga atau rekan sejawat, pastikan kamu mempunyai semua identitas mereka, seperti nomor KTP dan nama lengkap. Sempatkan waktu untuk memindahkan data identitas tersebut ke dalam note sehingga saat pembelian tiket, kamu tidak direpotkan untuk mencari data dan identitas mereka.

3. Pesan Dini Hari

Untuk mewujudkan lebaran bersama keluarga tahun ini, tidak ada salahnya berkorban untuk begadang mencari tiket kereta untuk mudik. Biasanya waktu dini hari merupakan waktu yang tepat untuk memesan tiket karena masih sedikit orang mengakses platform pembelian tiket kereta.

Peluang kamu untuk mendapatkan tiket mudik akan lebih besar. Jangan lupa untuk memastikan jaringan internet juga dalam kondisi yang stabil dan bagus.

4. Pilih Metode Pembayaran Instan

PT KAI menetapkan waktu 60 menit batas pembayaran saat pemesanan tiket kereta untuk mudik tahun ini.

Kalau dalam masa tersebut kamu tidak melakukan pembayaran, maka tiket yang kamu pesan akan terlepas dan dijual kembali. Karena itu juga, segera pilih metode pembayaran yang instan dan yang paling mudah buat kamu.

Recommended By Editor Cara mudah mendapatkan tiket kereta api untuk mudik lebaran

Comments