Cara Mudah Menabung agar dapat Berqurban setiap Tahun

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Cara Mudah Menabung agar dapat Berqurban setiap Tahun

Cara Mudah Menabung agar dapat Berqurban setiap Tahun

KEPONEWS.COM - Cara Mudah Menabung agar dapat Berqurban setiap Tahun SETIAP tahun umat Islam merayakan Hari raya Idul Adha, yang mana menjadi hari dimana bagi yang bisa untuk berqurban baik itu kambing ataupun sapi. Tentunya setiap orang ingin melakukan qurban ketika I...

SETIAP tahun umat Islam merayakan Hari raya Idul Adha, yang mana menjadi hari dimana bagi yang bisa untuk berqurban baik itu kambing ataupun sapi. Tentunya setiap orang ingin melakukan qurban ketika Idul Adha.

Namun harga hewan ternak yang cukup tinggi membuat banyak orang berpikir ulang untuk melakukan qurban. Jangankan untuk orang yang memiliki penghasilan pas-pasan, untuk orang yang bisa sekalipun hal ini akan terasa berat.

BERITA REKOMENDASI

Tapi, Anda tetap bisa melakukan qurban setiap tahunnya, meskipun pemasukan yang Anda miliki sangat pas-pasan. Asal ada niat yang tulus serta komitmen yang kuat, hal tersebut bisa Anda wujudkan. Nah, berikut ini tips yang mudah untuk menabung agar bisa Anda berqurban setiap tahunnya.

1. Menyicil Setiap Bulannya

Cara menabung mudah yang bisa dilakukan merupakan dengan menyicil setiap bulannya. Dengan cara ini maka biaya berqurban tidak akan terasa berat karena dilakukan dengan cara mencicil. Anggap saja hal ini sama dengan Anda melakukan cicilan rumah, motor, dan lainnya.

Tentukan terlebih dahulu besarnya cicilan yang harus disisihkan setiap bulannya. Besarnya cicilan ini bisa ditentukan sesuai dengan kisaran harga hewan ternak yang dipilih serta pemasukan yang diterima. Anda juga bisa memprediksikan harga hewan ternak di tahun depannya, setelah itu dibagi menjadi 10-11 bulan.

Misalnya saja harga kambing sat ini sekitar Rp3 juta, dengan prediksi kenaikan 15% di tahun depannya. Maka dapat diperkirakan jikalau di tahun depan harga kambing sekitar Rp3.450.000. Jumlah tersebut dibagi menjadi 10 bulan, sehingga setiap bulannya harus menyicil Rp345.000 setiap bulannya.

2. Ikut Arisan Qurban

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan merupakan dengan mengikuti arisan qurban. Cara ini terbilang efektif dan banyak dilakukan orang agar dapat berqurban setiap tahunnya. Ajak saudara, sahabat, bahkan tetangga sekitar untuk mengadakan arisan. Cara seperti ini sama hal nya ketika memiliki cicilan bulanan. Anda harus membayarkan sejumlah uang yang besarnya sudah disepakati bersama.

Namun sebelum mengikuti arisan, akan lebih baik kalau mengetahui cara pembayaran, jumlah arisan, jumlah peserta, jangka waktu arisan dan hal hal lainnya yang berkaitan dengan arisan tersebut. Sehingga nantinya mudah menghindari dari risiko penipuan yang sering terjadi.

3. Buat Rekening Baru

Untuk mempermudah menabung biaya untuk berqurban maka cobalah untuk membuat rekening baru. Jangan menyatukan tabungan dengan uang yang akan digunakan untuk kebutuhan sehari hari. Cara ini terbilang efektif sehingga uang tabungan dan lainnya tidak akan tercampur. Selain itu dengan rekening baru, Anda mudah untuk memonitori jumlah uang yang sudah dikumpulkan.

4. Menabung dengan Emas

Anda juga bisa menabung biaya qurban dengan menggunakan emas. Hal ini bisa Anda lakukan kalau dirasa sangat sulit untuk menyisihkan sebagian pendapatan. Cara ini selain mudah, tentunya juga bisa dijadikan sebagai ajang investasi. Cara menabung emas juga terbilang stabil karena harga emas yang tidak pernah turun. Ketika ini banyak program tabungan emas yang dapat Anda ikuti, misalnya saja di Pegadaian. Sehingga nantinya tidak berisiko serta menghindari jikalau digunakan.

5. Menggunakan Jasa Pihak Ketiga

Bagi yang kesulitan untuk menabung secara pribadi, bahkan takut kalau digunakan sewaktu waktu. Mengapa tak mencoba untuk menggunakan jasa pihak ketiga untuk menabung biaya qurban. cara ini sangat efektif digunakan apalagi bila Anda tidak disiplin dalam menabung. Ketika ini banyak sekali lembaga khusus qurban yang dapat membantu menabung untuk membeli hewan qurban. Anda bisa memilih paket yang ditawarkan sesuai dengan lamanya simpanan tersebut.

Cara Mudah Menabung agar dapat Berqurban setiap Tahun

Comments