Cara Mudah Deteksi Bakso Mengandung Boraks dan Formalin

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Cara Mudah Deteksi Bakso Mengandung Boraks dan Formalin

Cara Mudah Deteksi Bakso Mengandung Boraks dan Formalin

KEPONEWS.COM - Cara Mudah Deteksi Bakso Mengandung Boraks dan Formalin JAKARTA - Sebenarnya tak sulit mengidentifikasi bakso yang mengandung boraks atau formalin.Boraks merupakan senyawa yang bisa memperbaiki tekstur makanan sehingga menghasilkan rupa yang mirip dengan b...

JAKARTA - Sebenarnya tak sulit mengidentifikasi bakso yang mengandung boraks atau formalin.

Boraks merupakan senyawa yang bisa memperbaiki tekstur makanan sehingga menghasilkan rupa yang mirip dengan bakso sapi yang menggunakan daging sapi segar.

Sedangkan formalin digunakan untuk membasmi sebagian besar bakteri sehingga sering digunakan sebagai disinfektan dan juga sebagai bahan pengawet.

Dua senyawa kimia itu sering disalahgunakan sebagian oknum untuk memperpanjang umur bakso.

"Bakso mengandung formalin/boraks cenderung kenyal ketika digigit. Sedangkan bakso asli daging sapi akan terasa garing ketika digigit," kata Robby W, Marketing Manager PT. Sumber Prima Anugrah Tak pernah mati (Bakso Sumber Selera) dalam keterangan tertulis.

Di samping itu, ada ciri-ciri lain yang bisa mempermudah mengidentifikasi bakso yang mengandung senyawa kimia tersebut.

Ciri bakso dengan boraks antara lain tekstur lebih kenyal, warna lebih putih, armoa kurang alami, memantul bila dijatuhkan, dan tak lengket.

Lain halnya tanda bakso yang mengandung formalin antara lain tak mudah hancur, awet lebih tiga hari, tak lengket, dan lalat enggan hinggap.

Cara Mudah Deteksi Bakso Mengandung Boraks dan Formalin

Comments