Cara Mudah Cek Keamanan Obat, Kosmetik dan Makanan yang Sudah Lulus Uji BPOM

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Cara Mudah Cek Keamanan Obat, Kosmetik dan Makanan yang Sudah Lulus Uji BPOM

Cara Mudah Cek Keamanan Obat, Kosmetik dan Makanan yang Sudah Lulus Uji BPOM

KEPONEWS.COM - Cara Mudah Cek Keamanan Obat, Kosmetik dan Makanan yang Sudah Lulus Uji BPOM SEMAKIN mudahnya masyarakat dalam mengakses produk yang diinginkan, membuat produsen "kalengan" semakin mudah menjangkau pasarnya. Tentu dengan mengabaikan sisi keamanan dan kesehatan. Hal ini membuat...

SEMAKIN mudahnya masyarakat dalam mengakses produk yang diinginkan, membuat produsen "kalengan" semakin mudah menjangkau pasarnya. Tentu dengan mengabaikan sisi keamanan dan kesehatan.

Hal ini membuat masyarakat harus melek dengan produk yang berbobot dengan produk abal-abal. Menyantumkan nomor registrasi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) saja tidak bisa menjamin produk itu benar sudah diakui keamanannya.

Sama seperti Perempuan, Pria Juga Bisa Alami PMS & Baby Blues

Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban pemerintah dalam hal ini BPOM untuk mengedukasi masyarakat terkait dengan mengenali mana produk yang benar bermanfaat dan mana produk yang menyesatkan.

"Kita semua bertanggung jawab untuk menjamin keamanan dan kesehatan produk khususnya obat, kosmetik, dan makanan yang dikonsumsi masyarakat dan dengan semakin teredukasinya masyarakat, diharapkan kasus-kasus barang ilegal ini semakin hilang," papar Kepala BPOM Penny K. Lukito, saat diwawancarai Okezone, Rabu (14/11/2018).

(Foto: Obat dan kosmetik yang ditarik BPOM)

Nah, sebagai upaya untuk mempermudah masyarakat mengetahui mana produk yang benar baik mana yang menyesatkan, BPOM ternyata punya software yang bisa diunduh di ponsel pintar Kamu masing-masing. Software itu bernama "Cek Produk BPOM".

Dijelaskan Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI Dra. Mayagustina Andarini, M.Sc, Apt, software ini penting dimiliki masyarakat agar apa yang mereka beli benar baik dan membawa manfaat.

"Kalau Kamu ingin yakin bahwa produk yang dibeli itu aman dan tercantum di dalam nomor registrasi BPOM, Kamu bisa mengeceknya di software ini. Gampang banget cara pakainya," kata Mayagustina di acara yang sama.

Pangeran Charles Ulang Tahun ke-70, Kerajaan Inggris Rayakan dengan Rilis 2 Foto Keluarga

Dia menuturkan, di software ini Kamu bisa mengetahui nomor registrasi produk yang Kamu beli benar terdaftaf atau tidak. Tak hanya nomor registrasi, Kamu juga bisa mengeceknya dari nama merek atau nama perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut. "Jadi, tinggal masukkan kode registrasinya dan Kamu bisa tahu apakah produk tersebut benar terdaftar di BPOM atau tidak," tambah Mayagustina.

(dno)

Comments