Cara Mudah Berbagi Kata Sandi Wi-Fi di Ponsel Android

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Cara Mudah Berbagi Kata Sandi Wi-Fi di Ponsel Android

Cara Mudah Berbagi Kata Sandi Wi-Fi di Ponsel Android

KEPONEWS.COM - Cara Mudah Berbagi Kata Sandi Wi-Fi di Ponsel Android Pengaturan Android tidak membiarkan pengguna melihat kata sandi Wi-Fi yang disimpan. Tapi ada beberapa langkah mudah untuk melihatnya dan bahkan membaginya melalui kode QR. Dilansir dari Android Pit,...

Pengaturan Android tidak membiarkan pengguna melihat kata sandi Wi-Fi yang disimpan. Tapi ada beberapa langkah mudah untuk melihatnya dan bahkan membaginya melalui kode QR.

Dilansir dari Android Pit, berikut cara mudah membuatkan kata sandi Wi-Fi di Android:

1. Cara menyebarkan kata sandi Wi-Fi tersimpan di Android 10

Dalam sistem operasi terbaru, Google menambahkan fasilitas yang paling dicari pengguna untuk sistem operasi Android. Pengguna sekarang dapat dengan mudah melihat kata sandi Wi-Fi untuk jaringan apapun yang sebelumnya dihubungkan serta membagikan kata sandi melalui kode QR.

Untuk melakukannya, buka Seetings > Network and Internet. Ketuk Wi-Fi di bagian atas menu > pilih jaringan Wi-Fi yang ingin pengguna lihat kata sandinya. Pengguna akan melihat dua opsi utama dengan warna biru, Forget dan Share. Pilih opsi Share.

Pengguna perlu memverifikasi identitas dengan pengenalan wajah, sensor sidik jari, PIN, atau kata sandi. Sekarang pengguna dapat melihat kode QR untuk menyebarkan kata sandi dan kata sandi dalam teks biasa yang ditulis di bawah kode.

2. Cara membuatkan kata sandi Wi-Fi tersimpan di Android 9 atau versi yang lebih lama

Kalau pengguna masih memakai Android 9 atau versi yang lebih lama, pengguna dapat melakukan beberapa cara untuk mendapatkan kata sandi Wi-Fi yang tersimpan, yaitu rooting perangkat, memakai software ketiga, atau mengakses file tidak terenkripsi yang berisi kode Wi-Fi.

File dengan kode akses Wi-Fi tersimpan di area sistem file yang hanya dapat diakses pada perangkat Android yang di-root. Namun, jangan gegabah untuk melakukan rooting perangkat.

Jikalau pengguna memutuskan untuk rooting perangkat, pengguna mempunyai dua opsi. Pengguna dapat mengunduh software pihak ketiga atau mengakses file tidak terenkripsi. Memakai software merupakan opsi yang lebih cepat dan mudah.

Aplikasi Wifi Password Show. [Google Play Store]Software Wifi Password Show. [Google Play Store]

Ada beberapa software yang dapat menampilkan kata sandi Wi-Fi tersimpan yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store, seperti Wifi Password Show. Tetapi perlu diingat, untuk memakai software ini pengguna tetap harus melakukan rooting perangkat. Software sebesar 2,7 MB ini pun tidak mempunyai iklan dan mudah digunakan.

Opsi lainnya ialah menemukan pengelola file yang menampilkan konten root dengan memakai software Amaze File Manager yang dapat diunduh secara gratis. Pertama, pengguna harus mengotorisasi file explorer untuk membuka direktori root. Opsi ada di bagian bawah pengaturan software.

Selanjutnya, masuk ke direktori dengan membuka data > misc > wifi. Di folder ini, cari file bernama wpa_supplicant.conf. File ini berisi semua jaringan dalam bentuk teks biasa. Kata sandi Wi-Fi pun ditampilkan dalam file ini.

Comments