Cara Menyembuhkan Batuk Secara Alami Dan Pencegahannya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Cara Menyembuhkan Batuk Secara Alami Dan Pencegahannya

Cara Menyembuhkan Batuk Secara Alami Dan Pencegahannya

KEPONEWS.COM - Cara Menyembuhkan Batuk Secara Alami Dan Pencegahannya Batuk bisa disembuhkan secara alami. Batuk bisa disebabkan karena alergi dan dahak yang terkumpul di saluran pernapasan. Untuk mencegahnya bisa menghindari alergen penyebab batuk. Apa Batuk itu ? Sec...

Batuk bisa disembuhkan secara alami. Batuk bisa disebabkan karena alergi dan dahak yang terkumpul di saluran pernapasan. Untuk mencegahnya bisa menghindari alergen penyebab batuk.

Apa Batuk itu ?

Secara umum sebenarnya batuk ialah hal yang normal. Dengan batuk dapat membantu untuk menjaga tenggorokan kamu dari dahak dan iritasi lainnya. Namun, batuk berkelanjutan bisa terjadi sebagai gejala dari banyak sekali kondisi. Contohnya batuk yang di derita selama dua sampai tiga minggu bisa menunjukan bahwa orang tersebut terkena infeksi sinus dingin.

Gangguan batuk yang bertahan lebih lama (tiga minggu atau lebih) mungkin menandakan alergi atau gangguan yang mendasari lainnya.

Apa Penyebab Batuk ?

Batuk dapat menjadi penanda bahwa suhu sekitar dingin atau disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan. Gejala lainnya dari pilek seperti hidung tersumbat dana / atau hidung meler.

Alergi juga mempunyai gejala yang sama, tetapi ha itu disebabkan oleh alergen yang mengiritasi sistem kekebalan tunuh. Ketika tubuh kita berhadapan dengan alergen seperti serbuk sari maka sistem kekebalan tubuh akan menciptakan bahan kimia yang disebut antihistamin dan bereaksi terhadap mereka.

Bila kamu terkena batuk saat dalam lingkungan atau musim tertentu, Maka besar kemungkinannya kamu mempunyai alergi.

Obat batuk

Batuk yang terjadi karena infeksi pernapasan akan diikuti dengan nyeri tubuh dan demam, sedangkan batuk karena alergi tidak. Selain itu batuk yang diikuti demam atau menggigil bisa menjadi gejala-gejala infeksi paru-paru serius seperti bronkitis. Kamu juga harus pergi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan medis bila batuk kamu menghasilkan bau yang tidak enak.

Kamu dapat mengobati batuk karena pilek, alergi, dan infeksi dengan obat-obatan. Tapi bagi mereka yang lebih memilih menghindari bahan kimia, berikut ini merupakan daftar pengobatan rumah yang alami yang bisa kalian gunakan.

1. Madu

Madu ialah obat yang bisa digunakan untuk sakit tenggorokan. Menurut sebuah studi pada tahun 2007, madu juga dapat meredakan batuk lebih efektif daripada obat-obatan yang mengandung dekstrometorfan (DM) atau penekan batuk. Kamu dapat membuat obat sendiri di rumah dengan mencampurkan madu dengan teh herbal, atau air hangat dan lemon.

2. Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Probiotik tidak meredakan batuk secara langsung, tetapi membantu menyeimbangkan bakteri yang hidup di usus. Hal ini akan menyokong fungsi sistem kekebalan tubuh. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa lactobacillus (bakteri yang terdapat di susu) dapat mengurangi kemungkinan terkena flu atau pilek, dan kepekaan terhadap alergen tertentu seperti serbuk sari. namun hati-hati karena susu dapat membuat dahak lebih banyak.

3. Bromelain

Mungkin tidak pernah terpikirkan bagi kamu kalau buah nanas bisa dijadikan obat batuk, itu wajar karena mungkin kamu belum pernah mendengar perihal bromelain. Menurut review penelitian wacana nilai obat dari nanas, ada bukti yang menunjukkan bahwa bromelain (enzim yang ditemukan dalam buah-buahan tropis) dapat membantu menekan batuk serta melonggarkan lendir di tenggorokan.

Bromelain juga diklaim bisa meringankan sinusitis dan masalah sinus karena alergi yang menimbulkan batuk dan dahak. Ada cukup bukti untuk menyokong klaim ini, menurut National Institutes of Helath (NIH) bromelain juga dapat mengobati peradangan dan pembengkakan.

Suplemen bromelain sebaiknya tidak digunakan oleh anak-anak, dan hati-hati bagi kamu yang memakai antibiotik seperti amoksisilin karena dapat meningkatkan penyerapan antibiotik. Konsultasikan ke dokter kamu setiap akan memakai suplemen yang baru dikenal.

4. Peppermint

Daun peppermint dan minyak kayu putih dikenal karena sifat penyembuhannya. Mentol pada peppermint dapat menenangkan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongesten serta membantu memecah dahak. Kamu bisa meminum teh peppermint atau menghirup uap peppermint saat mandi uap. Untuk mandi uap campurkan 3-4 tetes minyak peppermint untuk setiap 150 ml air panas. Letakkan handuk di atas kepala dan ambil napas dalam-dalam langsung di atas air.

5. Marshmallow

Marsmallow dibuat dari Althaea officinalis. Daun dan akar herbal telah digunakan semenjak zaman kuno untuk mengobati sakit tenggorokan dan meredakan batuk. Sebenarnya tidak ada penelitian yang menyokong klaim ini tapi umumnya rempah-rempah itu aman.

Ramuan marshmallow mengandung cairan yang melapisi tenggorokan sehingga meringankan iritasi. Kamu bisa mendapatkan marsmallow dalam bentuk teh atau bentuk kapsul, meskipun tidak dianjurkan untuk anak-anak.

Cara Mencegah Batuk

Selain mengetahui bagaimana cara mengobati batuk kamu juga sebaiknya mengetahui bagaimana mencegah terjadinya batuk. Untuk mencegah flu sering-seringlah mencuci tangan.

Bila batuk kamu karena alergi sebaiknya ketahui apa penyebab alergi kamu. Alergen umumnya seperti serbuk sari, tungau debu, bulu binatang, jamur, serangga, dan suhu tertentu.

Cara Menyembuhkan Batuk Secara Alami Dan Pencegahannya

Comments