Cara Menulis Rumus di Word Secara Efektif dan Cepat

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Cara Menulis Rumus di Word Secara Efektif dan Cepat

Cara Menulis Rumus di Word Secara Efektif dan Cepat

KEPONEWS.COM - Cara Menulis Rumus di Word Secara Efektif dan Cepat Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca) Cara menulis rumus di Word sering kali digunakan untuk menulis rumus fisika, matematika ataupun k...

Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)

Cara menulis rumus di Word sering kali digunakan untuk menulis rumus fisika, matematika ataupun kimia. Cara menulis rumus di Word ini juga penting diketahui oleh kamu yang sering membuat soal atau menulis buku pelajaran. Penulisan rumus bisa dilakukan di Microsoft Office 2007 hingga Microsoft Office 2019.

Cara menulis rumus di Word 2013 pun dapat kamu gunakan untuk membuat rumus sederhana, seperti keliling lingkaran yang membutuhkan phi atau rumus yang kompleks.

Cara menulis rumus di Word ini banyak dicari lantaran kondisi pandemi yang tak kunjung berakhir memang membuat kegiatan belajar dari rumah masih terus berlangsung.

Hal ini membuat tugas dan ujian sekolah hingga perkuliahan dilakukan secara daring. Jangan khawatir bila sudah kamu memahami rumus yang akan digunakan, maka hanya perlu mengetik ulang dengan cara menulis rumus matematika di Microsoft Word 2007.

Berikut cara menulis rumus di Word yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Menulis Rumus di Word

Cara menulis rumus di Word seperti soal matematika dan persamaan fisika sangat mudah dilakukan. Dikutip dari halaman dukungan Microsoft, berikut ini merupakan langkah-langkahnya:

Cara menulis rumus di Word pertama, buka Microsoft Word di laptop atau komputer.Kemudian, pilih Insert di panel bagian atas layar laptop.Cara menulis rumus di Word lalu, klik Equation . Pilihan ini tersedia di sebelah pojok kanan atas dekat tombol untuk menutup software.Kamu juga bisa melakukan langkah pintas untuk membuka fasilitas rumus dan persamaan ini dengan menekan tombol ALT dan = pada keyboard secara bersamaan.Cara menulis rumus di Word selanjutnya, pilih jenis rumus yang akan kamu buat. Kamu bisa memilih rumus dengan jenis pembagian biasa, perhitungan integral, operasi logaritma, hitungan matriks, atau jenis lainnya. Kamu juga dapat menulis rumus sesuai keinginanmu tanpa jenis baku yang disediakan. Kamu bisa langsung memakai tanda atau simbol matematika lainnya.Cara menulis rumus di Word ini tinggal kamu lakukan dengan memilih dan klik simbol yang kamu ingin gunakan. Selain itu, kamu juga dapat mengetik angka dan huruf yang kamu butuhkan. Kamu bisa langsung memakai keyboard pada laptop atau PC untuk mengetik angka dan huruf tersebut.Selesaikan penulisan rumus yang kamu butuhkan. Setelah semua selesai, kamu bisa memindahkan rumus tersebut di lokasi yang kamu inginkan pada dokumen Microsoft Word yang sedang kamu kerjakan.Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Cara Edit Rumus

Ternyata menguasai cara menulis rumus di word saja tidak cukup. Proses edit rumus tidak sama dengan edit teks di Microsoft Word yang tinggal arahkan kursor yang salah kemudian di backspace dan diganti begitu saja. Pada rumus matematika kamu bisa melakukan klik dua kali pada template yang akan di edit.

Maka template yang di klik dua kali akan berubah tampilan ke tampilan pertama kali kamu memasukan angka-angka di template. Namun, kadang ada yang dua kali di klik bisa langsung masuk dan mudah di edit.

Ada pula yang terjadi kasus, misalnya tidak bisa masuk karena error. Maka, kamu harus menulis ulang bagian rumus yang error tersebut. Tentu saja hal ini membuang waktu.

Itu sebabnya, saat menuliskan rumus, harus hati-hati dan teliti, agar tidak sering dilakukan edit sana dan edit sini. Tentunya, agar lebih efektif dan hemat waktu. Itulah cara menulis rumus di Word, sekarang kamu tidak perlu kesusahan lagi. Selamat mencoba.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Comments