Cara Mengubah Ponsel Android dan iOS Menjadi Webcam

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Cara Mengubah Ponsel Android dan iOS Menjadi Webcam

Cara Mengubah Ponsel Android dan iOS Menjadi Webcam

KEPONEWS.COM - Cara Mengubah Ponsel Android dan iOS Menjadi Webcam Kebutuhan webcam di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) telah meningkat, baik untuk membantu mengamankan rumah atau memberikan pengalaman zoom yang lebih baik. Alih-alih membeli webcam baru, penggu...

Kebutuhan webcam di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) telah meningkat, baik untuk membantu mengamankan rumah atau memberikan pengalaman zoom yang lebih baik. Alih-alih membeli webcam baru, pengguna dapat memanfaatkan atau memakai kembali perangkat yang telah ada karena menghemat biaya pengeluaran.

Ada beberapa perangkat seperti ponsel Android ataupun iOS tak terpakai yang bisa digunakan untuk membuat webcam. Dilansir dari The Verge, Kamis (22/10/2020), berikut cara mengubah ponsel menjadi webcam:

1. Cara memakai ponsel Android sebagai webcam

Kamu dapat memakai ponsel Android sebagai webcam dengan bantuan software pihak ketiga. Ada beberapa software di Google Play Store yang mengklaim dapat mengubah perangkat Android menjadi webcam, salah satunya ialah DroidCam yang memberikan pengaturan termudah dengan hasil paling andal.

Hapus 16 Software Ini di Ponsel Android, Awas Kena Tagihan Dadakan

Cukup mengunduh dan menginstal DroidCam versi gratis dari Play Store. Software ini membutuhkan perangkat yang menjalankan Android 5.0 Lollipop atau perangkat lunak yang lebih baru.

DroidCam, aplikasi perangkat Android menjadi webcam. [Google Play Store]DroidCam, software perangkat Android menjadi webcam. [Google Play Store]

Pengembang software, Dev47Apps, membuat klien desktop untuk Windows 10 dan Linux yang perlu diunduh ke komputer. Pastikan pengguna mengunduh versi 6.2.

Setelah software Android diinstal, jalankan software di dekstop. Selama pemasangan, Kamu harus mengizinkan software untuk memasang driver audio. Jikalau ragu, pengguna juga dapat mencentang kotak bertuliskan "Always trust software from DEV47 APPS".

Setelah software di dekstop berjalan, pengguna akan melihat opsi di dekat bagian atas jendela software yang memungkinkan menghubungkan perangkat secara nirkabel atau melalui USB.

Di bawah opsi tersebut, akan terlihat kotak di mana pengguna perlu memasukkan alamat IP perangkat Android. Pada titik ini, buka software DroidCam di ponsel. Ini akan menunjukkan alamat IP perangkat, lalu masukkan alamat IP pada dekstop dalam bidang Device IP.

Miris, Kakak Adik Ini Tak Bisa Belajar Online karena Tak Bisa Beli Android

Ada dua hal yang harus dilakukan sebelum pengguna menekan tombol Start di software dekstop. Pertama, pastikan kedua kotak untuk "video" dan "audio" dicentang. Jikalau hanya video yang dicentang, mikrofon ponsel tidak akan menangkap suara Kamu.

Comments