Cara Mengkustomisasi Jenis Huruf di Android

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Cara Mengkustomisasi Jenis Huruf di Android

Cara Mengkustomisasi Jenis Huruf di Android

KEPONEWS.COM - Cara Mengkustomisasi Jenis Huruf di Android Sebagian besar smartphone Android memungkinkan pengguna mengubah jenis huruf dan melakukan kustomisasi. Ini akan membuat ponsel Android lebih personal bagi para penggunanya karena dapat berkreasi deng...

Sebagian besar smartphone Android memungkinkan pengguna mengubah jenis huruf dan melakukan kustomisasi. Ini akan membuat ponsel Android lebih personal bagi para penggunanya karena dapat berkreasi dengan estetika perangkat.

Dilansir dari Make Tech Eaiser, berikut cara mengkustomisasi jenis huruf di Android:

1. Mengubah jenis huruf dari perangkat

Meski beberapa perangkat mempunyai cara masing-masing dalam mengubah jenis huruf, tetapi umumnya pengaturan tersebut bisa ditemukan di menu Tampilan atau Aksebilitas.

Sebagian vendor smartphone umumnya telah menyertakan beberapa jenis huruf pra-instal. Untuk mengubahnya, buka Pengaturan > Tampilan > pilih Ukuran dan gaya jenis huruf.

Dari menu tersebut, pengguna akan menemukan daftar jenis huruf alternatif yang diinstal pada perangkat. Pilih jenis huruf yang pengguna inginkan dan tetapkan sebagai default. Jenis huruf tersebut akan digunakan di seluruh sistem operasi perangkat.

2. Gunakan software pihak ketiga

Di sisi lain, tidak semua produsen smartphone mengizinkan pengguna untuk mengubah jenis huruf. Namun, pengguna tetap dapat memakai jenis huruf alternatif dengan bantuan software pihak ketiga.

Pengguna hanya perlu mengunduh peluncur (launchers) yang menyokong jenis huruf khusus. Launcher Android pada dasarnya merupakan antarmuka baru untuk smartphone. Launcher akan mengubah tampilan layar beranda dan bahkan memengaruhi elemen lain dari perangkat seperti software hingga jenis huruf.

Adapun Launcher yang disarankan ialah Apex Launcher yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Untuk mengubah jenis huruf dalam Apex Launcher, pengguna harus menginstal software dan menetapkannya sebagai launcher default perangkat.

Ilustrasi ponsel Android. [Shutterstock]Ilustrasi ponsel Android. [Shutterstock]

Untuk mengubah jenis huruf layar beranda, pilih Layar Beranda > Tata Letak & Gaya > Label Font. Selanjutnya, pengguna dapat mengubah jenis huruf yang digunakan di software dengan mengakses menu App Drawer > Drawer Layout & Icons > Label Font. Jikalau pengguna ingin mengubah jenis huruf folder, pilih Folder > Font Label.

Launcher lainnya ialah Action Launcher yang tersedia secara gratis di Google Play Store. Untuk mengubah jenis huruf di Action Launcher, buka Pengaturan > pilih Appearance > Font.

Alternatif software launcher lainnya ialah Smart Launcher 5 dan memberikan lebih banyak jenis huruf untuk dipilih. Untuk mengubah jenis huruf dalam Smart Launcher 5, buka Pengaturan > Penampilan Global > Font.

Comments