Cara Menggunakan Page Break di Microsoft Word

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Cara Menggunakan Page Break di Microsoft Word

Cara Menggunakan Page Break di Microsoft Word

KEPONEWS.COM - Cara Menggunakan Page Break di Microsoft Word - Microsoft Word masih menjadi salah satu software pengolah teks yang banyak digunakan. Hal tersebut wajar karena Microsoft Word mempunyai beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan....

- Microsoft Word masih menjadi salah satu software pengolah teks yang banyak digunakan. Hal tersebut wajar karena Microsoft Word mempunyai beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan.

Bila kamu membuat skripsi atau teks panjang, terkadang kamu membutuhkan fasilitas yang disebut dengan Page Break.

Ya, buat kamu yang sudah sering bekerja dengan Ms. Word, maka kamu pasti sudah kenal dengan fasilitas yang bernama Page Break ini.

Kapan Attack on Titan Final Season Part 3 RIlis? Semua Penjelasannya di Sini

Misalnya saat membuat skripsi, page break berguna untuk membuat nomor halaman yang berbeda bentuk (angka romawi atau bilangan biasa) di halaman depan, daftar Isi, pendahuluan, dan pembahasan.

Pada intinya, fungsi dari Page Break ini ialah menyisipkan halaman dengan format yang berbeda di setiap halaman.

Page Break juga digunakan untuk mengakhiri halaman tanpa mengisinya dengan teks. Page Break biasanya juga digunakan untuk memulai bab di halaman baru untuk standar umum dalam penerbitan.

Asik! POCO M3 Dapat Update MIUI 13, Begini Cara Downloadnya

Untuk memastikan bahwa bab baru muncul di halaman terpisah, sisipkan jeda halaman segera setelah teks di akhir bab.

Cara memakai Page Break

Sebenarnya, cara memakai Page Break ini sangatlah mudah. Ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk menyisipkan Page Break.

Super Manggis Comeback, Ryzen Resmi Masuk Roster Bigetron Red Aliens

Yang pertama dari tab Sisipkan di menu Word, di bagian Halaman. Selain itu, kamu juga dapat menyisipkan Page Breaks, Column Breaks, and Text Wrapping dari Break Button di bagian Penyetelan Halaman pada tab Tata Letak.

Page Break di halaman Insert

Page Break Microsoft Word. (Hitekno/Damai Lestari)Page Break Microsoft Word. (Hitekno/Tenang Lestari)

Page Break dari Layout

Page Break Microsoft Word. (Hitekno/Damai Lestari)Page Break Microsoft Word. (Hitekno/Tenang Lestari)

Setelah memutuskan salah satu dari dua cara di atas, selanjutkan kamu cukup letakan kursor di bagian halaman yang ingin kamu pisahkan.

Kamu dapat memilih menu "Layout" atau "Insert" seperti gambar di atas, kemudian pilih opsi Break dan pilih menu Page

Selain itu, kamu juga dapat memakai fasilitas Page Break memakai pintasan, dengan mengklik tombol "Ctrl+Enter" pada keyboard laptop atau PC kamu.

Saat kamu memakai Page Break, maka kamu dapat langsung membuat halaman baru tanpa mengubah posisi konten di halaman sebelumnya.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu repot menekan tombol Enter terus menerus di setiap halaman ketika ingin membuat halaman baru di dokumen Microsoft Word kamu.

Page Break juga dapat memisahkan paragraf untuk ditempatkan di halaman baru. Namun, page break tidak dapat memisahkan nomor halaman, margin, ukuran, font, dan sebagainya yang mempunyai format berbeda.

Nantinya, halaman baru yang dibuat oleh page break akan tetap mempunyai format yang sama dengan format halaman sebelumnya.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk memakai Page Break di Microsoft Word.

Kontributor: Tenang Lestari

Comments