Cara Mencegah dan Menunda Terjadinya Komplikasi Diabetes Menurut Dokter Penyakit Dalam

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Cara Mencegah dan Menunda Terjadinya Komplikasi Diabetes Menurut Dokter Penyakit Dalam

Cara Mencegah dan Menunda Terjadinya Komplikasi Diabetes Menurut Dokter Penyakit Dalam

KEPONEWS.COM - Cara Mencegah dan Menunda Terjadinya Komplikasi Diabetes Menurut Dokter Penyakit Dalam Orang dengan diabetes atau diabetesi, diminta untuk selalu melakukan pemeriksaan rajin dan manajemen gaya hidup yang efektif, serta pengobatan andai diharapkan....

Orang dengan diabetes atau diabetesi, diminta untuk selalu melakukan pemeriksaan rajin dan manajemen gaya hidup yang efektif, serta pengobatan andai diharapkan.

Bila hal itu dilakukan, maka diabetesi berisiko mengalami suatu kondisi yang disebut komplikasi diabetes.

Komplikasi diabetes sendiri merupakan kondisi di mana bagian tubuh menjadi rusak, seperti pada kaki atau mata, karena mempunyai kadar gula darah yang tinggi.

Ilustrasi diabetes (Pixabay.com/Tumisu)Ilustrasi diabetes (Pixabay.com/Tumisu)

Berbicara dalam acara Webinar Hari Diabetes Melitus Sedunia 2022 bersama mGanik beberapa waktu lalu, dr. Caesar Lagalinggo Givani, Sp.PD memaparkan pasien diabetes bisa mencegah dan menunda komplikasi dengan banyak sekali cara.

Makin Banyak Anak Muda Idap Diabetes, Ini Alasan dan Cara Pencegahannya

Salah satunya yang paling mudah merupakan secara sadar mengubah pola hidup dan membuat pilihan makanan yang jauh lebih sehat.

"Tiga hal yang perlu menjadi perhatian untuk menu makanan diabetes yaitu ukur jumlah kadar kalori yang masuk ke dalam tubuh kita maksimal 1500kkal per hari," kata dr. Caesar, dikutip dari siaran pers, Kamis (24/11/2022).

Selain itu, utamakan juga makanan rendah kolestrol, makanan tinggi serat rendah Glikemiks Index (GI), dan sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung banyak gula termasuk karbohidrat.

"Pastikan tiga kali makan dalam sehari dan selingan tiga kali snack rendah GI, seperti sayur dan buah untuk cegah lonjakan gula darah , jelasnya lagi.

Pastikan juga diabetesi tidak merokok, serta perbanyak aktivitas fisik dengan olahraga seperti jogging, senam, bersepada di dalam maupun luar ruangan, dan berenang.

"Aktivitas fisik dapat membantu diabetesi nantinya dalam menurunkan kadar glukosa darah, bahkan meningkatkan sensivitas insulin, sehingga dapat menunda terjadinya komplikasi diabetes , kata dr. Caesar.

Lagi Ngetren Minuman Kekinian Rendah Gula Demi Cegah Diabetes, Memangnya Laku Dijual?

Kaki borok karena neuropati akibat diabetes. (Dok. Kemenkes)Ilustrasi luka diabetes. (Dok. Kemenkes)

Sementara itu CEO & Founder mGanik - Michael Candiago mengatakan, penting bagi penderita diabetes untuk melakukan konsultasi kepada dokter, sebagai upaya mencegah komplikasi diabetes.

Comments