Cara membuat NPWP online untuk pribadi, mudah dan praktis

Nasional

News / Nasional

Cara membuat NPWP online untuk pribadi, mudah dan praktis

Cara membuat NPWP online untuk pribadi, mudah dan praktis

KEPONEWS.COM - Cara membuat NPWP online untuk pribadi, mudah dan praktis Kamu pasti pernah mendengar NPWP pribadi? NPWP merupakan Nomor Pokok Wajib Pajak yang diberikan Ditjen Pajak untuk perorangan. Bila kamu mempunyai penghasilan atau gaji kena pajak dari suatu perusahaa...
Loading...

Kamu pasti pernah mendengar NPWP pribadi? NPWP merupakan Nomor Pokok Wajib Pajak yang diberikan Ditjen Pajak untuk perorangan. Bila kamu mempunyai penghasilan atau gaji kena pajak dari suatu perusahaan ataupun usaha mandiri, kamu wajib menyetorkan pajak terutang tersebut pada negara. Maka dari itu setiap pekerja diwajibkan mempunyai NPWP untuk transaksi perpajakan.

Sebenarnya NPWP terbagi menjadi dua, adalah NPWP pribadi dan NPWP badan. Seperti dijelaskan di atas NPWP pribadi dimiliki oleh individu sedangkan NPWP badan wajib dimiliki oleh setiap perusahaan atau badan usaha yang mempunyai penghasilan di Indonesia. Nah, kalau kamu mempunyai sebuah usaha atau disebut sebagai enterpreneur, maka kamu harus mempunyai dua NPWP, yaitu NPWP pribadi dan NPWP badan.

Kartu NPWP digunakan sebagai sarana administrasi perpajakan dan juga digunakan sebagai tanda pengenal seorang WNI dalam melaksanakan hak dan kewajiban di bidang perpajakan. Kartu NPWP penting dimiliki, bagi kamu yang sering melakukan transaksi besar. Misalnya saja bila kamu akan mengajukan KPR atau pinjaman, biasanya pihak bank akan meminta kamu untuk melampirkan fotocopy NPWP. Dengan adanya NPWP bila terjadi kelebihan pembayaran pajak bisa segera dikembalikan.

Sebetulnya bisa saja membayar tanpa NPWP, namun biayanya menjadi 20 persen lebih tinggi dibanding pembayaran pajak dengan NPWP. Oleh alasannya adalah itu NPWP biasanya menjadi salah satu persyaratan administrasi yang dicantumkan perusahaan untuk dipenuhi tiap calon karyawannya. Nah, jikalau kamu belum mempunyai NPWP maka tentunya kamu harus segera membuatnya. Untuk membuatnya kamu tak perlu repot-repot datang ke kantor pelayanan pajak KP2KP, kini pemerintah telah membuat program pendaftaran NPWP yang mudah dan praktis tanpa harus antre. Cukup dengan cara online lewat gadget ataupun komputer.

Nah, penasaran apa saja syarat-syaratnya dan bagaimana caranya? Berikut rangkum dari banyak sekali sumber, Selasa (12/11), cara membuat NPWP online untuk pribadi, mudah dan praktis.

1. Syarat pembuatan NPWP untuk pribadi.

Cara membuat NPWP online untuk pribadi, mudah dan praktis freepik.com

foto: Instagram/@kppbekasiselatan

Sebelum malakukan pendaftaran atau registrasi secara online, sebaiknya kamu mempersiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk pembuatan NPWP. Beberapa dokumen ini perlu disiapkan dalam bentuk gambar JPEG atau PDF mempermudah dalam mengimput berkas.

a. Mengisi formulir yang sudah disediakan Dirjen Pajak

b. KTP

c. Passpor dan KITAS atau KITAP bagi warga negara asing.

d. Kartu Keluarga

e. Kartu NPWP sebelumnya (bagi yang sudah punya sebelumnya)

2. Syarat pembuatan NPWP untuk perempuan yang sudah menikah.

Bagi perempuan yang sudah menikah atau istri dan menginginkan pemisahan harta, maka wajib mempunyai NPWP yang terpisah dari suami. Karena umumnya penghasilan suami dan semua orang dalam keluarga menjadi tanggungan suami.

a. Kartu NPWP suami

b. Kartu keluarga

c. Surat perjanjian pemisahan harta

d. Surat keterangan kerja dari tempat kerja

e. Formulir pendaftaran

3. Cara membuat NPWP online.

Cara membuat NPWP online untuk pribadi, mudah dan praktis freepik.com

foto:

Direktorat Jenderal Pajak memberikan tiga cara yang bisa kamu pilih untuk membuat NPWP, seperti datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak atau KP2KP yang ada di setiap kabupaten dan kota. Yang kedua adalah mengirim persyaratan dan berkas NPWP melalui pos dan cara terakhir mendaftar secara online melalui laman ereg.pajak.go.id. Nah, kalau kamu tak mau mengantre, kamu bisa melakukan cara terakhir. Kamu juga bisa menghubungi Kring Pajak di nomor 1500-200 untuk mendapatkan pengisian formulir pendaftaran NPWP online. Berikut langkah-langkahnya:

a. Bagi kamu yang belum pernah mengisi ereg.pajak.go.id, buat akun terlebih dahulu.

b. Pilih menu daftar yang ada di bagian bawah.

c. Masukan email yang masih aktif agar verifikasi dapat dilakukan.

d. Buka link verifikasi yang telah dikirim melalui email.

e. Lakukan pengisian data secara lengkap agar bisa melanjutkan ke proses selanjutnya. Pastikan data diri yang diisikan asalah benar.

f. Setelah pengisian data diri selesai, buka email dan klik link verifikasi.

g. Masuk ke sistem e-registration dan pilih menu pengajuan NPWP.

h. Ikuti langkah-langkah pengisian dengan teliti dan dan pastikan data yang diunggah sudah benar. Hal ini agar proses pengajuan ini tidak ditolak.

i. Setelah pengisian formulir selesai, sistem akan merekomendasikan KPP untuk mengurus pengajuan yang telah kamu buat.

j. Klik menu token untuk mendapatkan kode unik sebagai syarat pengajuan.

k. Klik kirim pengajuan dan tunggu beberapa hari untuk mendapatkan konfirmasi apakah pengajuan kamu diterima atau ditolak.

l. Kamu dapat memeriksa status pendaftaran melalui email atau halaman history pendaftaran pada software e-registration. Jikalau status ditolak makan segera lengkapi data yang perlu diperbaiki.

m. NPWP akan dikirim melalui pos ke alamat yang telah terlampir.

Selain melalui situs ereg.pajak.go.id, kamu juga bisa mendaftar NPWP online melalui situs npwp.online-pajak.com. Namun hanya bisa untuk membuat NPWP pribadi saja.

Recommended By Editor

Comments