Cara Membuat Nomor Halaman yang Berbeda di Word, Anti Ribet

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Cara Membuat Nomor Halaman yang Berbeda di Word, Anti Ribet

Cara Membuat Nomor Halaman yang Berbeda di Word, Anti Ribet

KEPONEWS.COM - Cara Membuat Nomor Halaman yang Berbeda di Word, Anti Ribet Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca) Cara membuat nomor halaman yang berbeda di Word tentu sangat membantu untuk mengerjakan banyak se...

Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)

Cara membuat nomor halaman yang berbeda di Word tentu sangat membantu untuk mengerjakan banyak sekali tugas, terutama bagi siswa dan mahasiswa. Menambahkan nomor pada halaman sangat krusial terutama bagi kamu yang sedang mengerjakan karya ilmiah seperti laporan praktikum, skripsi, makalah, dan laporan penelitian.

Buat kamu yang sedang mengolah laporan perusahaan, kamu juga sangat membutuhkan cara membuat nomor halaman yang berbeda di Word.

Microsoft Word mempunyai sebuah fasilitas yang memungkinkan kamu untuk membagi dokumen Word menjadi ke beberapa bagian sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Fasilitas tersebut disebut Section. Manfaat saat kamu memakai fasilitas ini merupakan bisa membuat format halaman berbeda melalui Word. Namun masih banyak orang yang memakai cara manual yang cenderung merepotkan.

Agar tidak membuang waktu, berikut cara membuat nomor halaman yang berbeda di Word seperti HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Membuat Nomor Halaman yang Berbeda di Word

Cara membuat nomor halaman yang berbeda di Word dan mengedit formatnya, maka yang kamu perlukan merupakan mengunjungi menu Insert > Page Number. Di menu Microsoft Word ini akan terlihat 4 menu teratas dan 2 menu tambahan di bawahnya.

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Empat pilihan menu teratas itu merupakan Top of Page, Bottom of Page, Page Margins, dan Current Position. Setiap menu di atas menampilkan deretan gaya penomoran yang berbeda.

Top of Page untuk menampilkan nomor di atas halaman (Header)Bottom of Page menampilkan nomor di bagian bawah halaman (Footer)Page Margins akan menampilkan nomor di bagian samping sementara Current Position akan menampilkan nomor halaman tepat di bagian kursor berada.Current Position: Current Position bisa digunakan untuk memberikan nomor sesuai dengan keinginan penulis.Format Page Number: Fasilitas satu ini memungkinkan Kamu untuk mengubah format nomor halaman sesuai dengan kebutuhan.Remove Page Number: Fasilitas Remove Page Number digunakan untuk menghapus nomor halaman.

Berikut ini cara membuat nomor halaman yang berbeda di Word dengan mudah:

Klik menu Insert > Page NumberKlik Bottom of PagePilih gaya penomoran yang disukai (misal Plain Number 3)Untuk memilih nomor dengan huruf romawi atau angka biasa serta memilih untuk memulai dari halaman berapa, maka kamu harus mengunjungi menu Insert > Page Number > Format Page NumberBila ingin menghapus nomor secara instan, maka yang perlu kamu lakukan merupakan mengunjungi menu Insert > Page Number > Remove Page Number.

Cara membuat nomor halaman yang berbeda di Word lainnya cukup sama seperti di atas namun dengan memanfaatkan menu Page Layout.

Letakkan kursor pada halaman yang ingin ditambah atau dibedakan.Masuk ke dalam menu Layout > Breaks > Next Page.Pada Header bagian isi, hapus pilihan Link to Previous. Bila pilihan belum muncul, pastikan bahwa kalian sudah memilih menu Breaks sebelumnyaPilih Page Number lalu atur lokasi dan gaya penomoran. Bila perubahan hanya memengaruhi halaman pertama, pastikan Different First Page tidak dipilihCara membuat nomor halaman yang berbeda di Word untuk mengontrol nomor awal pilih Page Number > Format Page Numbers.Klik Number format untuk memilih format penomoran, seperti a, b, c atau i, ii, iii untuk pendahuluan.Tutup Header dan Footer, atau klik dua kali di mana pun di luar area header atau footer untuk keluar.

Itulah tadi cara membuat nomor halaman yang berbeda di Word, mudah sekali bukan?

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Comments