Cara membuat masker lidah buaya untuk kulit kering

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Cara membuat masker lidah buaya untuk kulit kering

Cara membuat masker lidah buaya untuk kulit kering

KEPONEWS.COM - Cara membuat masker lidah buaya untuk kulit kering Aloe vera atau lidah buaya merupakan tanaman termasuk keluarga succulent. Dikutip dari healthline, tanaman hijau ini bisa tumbuh liar dan identik dengan bentuknya yang mempunyai daun bergerigi tebal....

Aloe vera atau lidah buaya merupakan tanaman termasuk keluarga succulent. Dikutip dari healthline, tanaman hijau ini bisa tumbuh liar dan identik dengan bentuknya yang mempunyai daun bergerigi tebal. Di dalam lidah buaya terdapat gel bening berwarna putih.

Gel bening atau isi dari lidah buaya ini dikenal mempunyai segudang manfaat. Baik untuk kesehatan hingga kecantikan kulit, mulai dari kulit badan serta bagian wajah hingga kepala. Nggak heran kalau gel lidah buaya kerap dijadikan bahan utama kosmetik.

Keutamaan lidah buaya untuk kecantikan salah satunya merupakan kandungannya yang bisa menenangkan kulit. Lidah buaya digunakan sebagai obat topikal atau pemakaian luar, bisa membantu mengatasi kulit terbakar atau teriritasi, untuk mengobati jerawat, dan masih banyak lagi lainnya.

Kualitas antibakteri lidah buaya juga diklaim efektif untuk penggunaan topikal mengatasi kulit kering. Berikut cara membuat membuat masker dari lidah buaya untuk kulit kering serta mengelupas, seperti dirangkum dari banyak sekali sumber pada Selasa (22/12).

1. Lidah buaya dan minyak kelapa.

lidah buaya untuk kulit kering freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari mindbodygreen, untuk mengatasi masalah kulit kering dan mengelupas, ada beberapa campuran dari bahan alami yang bisa kamu buat jadi obat. Terdiri dari lidah buaya, minyak kelapa minyak kelapa.

Minyak kelapa ialah pelembap alami yang bagus untuk kulit, terutama bagi kamu yang menderita eksim. Saat dipasangkan dengan lidah buaya, itu ialah pembangkit tenaga listrik masker yang menghidrasi.

Caranya, campurkan dalam mangkuk empat sendok makan gel lidah buaya dan satu sendok makan minyak kelapa. Aduk hingga tercampur rata. Kemudian oleskan pada wajah yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Tunggu sampai wajah kering, kemudian bersihkan wajah kembali dengan air.

2. Lidah buaya dan minyak almond.

lidah buaya untuk kulit kering freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari Boldsky, cara mudah mengatasi kulit kering merupakan dengan memanfaatkan lidah buaya. Kandungan nutrisi pada lidah buaya dapat melawan sengatan matahari dan kulit kering. Cara membuat masker dari lidah buaya pun tergolong sederhana dan mudah.

Caranya, campur beberapa sendok teh lidah buaya dan dua tetes krim atau minyak almond. Campur jadi satu hingga rata. Oleskan pada wajah sesuai kebutuhan. Kalau mengalami masalah kulit kering pada kepala, kamu tidak perlu mencukur rambut terlebih dulu. Cukup lumasi daerah berambut yang sekiranya mengalami kulit kering.

3. Lidah buaya, telur, dan madu.

lidah buaya untuk kulit kering freepik.com

foto: freepik.com

Dikutip dari timesofindia, putih telur dapat mencegah wajah kering bila digunakan dengan benar. Caranya campur putih telur, lidah buaya, dan dengan satu sendok teh madu. Oleskan pada wajah, diamkan selama 10-15 menit. Bilas wajah dengan air dingin. Ulangi sekali atau dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Lidah buaya dan putih telur.

lidah buaya untuk kulit kering freepik.com

foto: freepik.com

Aloe vera mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi dan membuat rambut kuat dan juga sehat. Karena mempunyai sifat antibakteri dan juga antijamur, lidah buaya juga dapat mengatasi ketombe.

Aloe vera juga mempunyai enzim gel, yang bisa membersihkan kulit kepala dan mempercepat regenerasi jaringan kulit di area folikel rambut. Bahkan saat kulit kepala kering tak jarang akan menimbulkan rasa gatal, maka dengan memakai gel aloe vera dapat membantu mengurangi rasa gatal yang berkaitan dengan hal tersebut ataupun ketombe.

Dilansir dari timesofindia, selain rambut berkilau, campuran lidah buaya dan putih telur bisa kamu gunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya kocok dan campur 2 putih telur, 2 sendok makan minyak zaitun, 4 sendok makan gel lidah buaya, 1 cangkir yogurt, dan 1 sendok makan jus lemon sampai lembut. Oleskan pada rambut dan biarkan selama sekitar 5-10 menit. Jikalau sudah, bilas rambut hingga bersih. Ulangi sekali dalam dua minggu untuk mendapatkan hasil yang efektif.

5. Lidah buaya dan air lemon.

lidah buaya untuk kulit kering freepik.com

foto: freepik.com

Cara mengatasi kulit kepala kering selanjutnya ialah dengan lidah buaya dengan air lembut segar. Dilansir dari Boldsky, caranya campur gel lidah buaya dengan perasan air lemon di mangkuk. Oleskan masker tersebut pada kulit kepala sembari dipijat dengan lembut. Diamkan selama 30 menit. Setelah kering, bilas kepala memakai air biasa. Hindari pemakaian air jeruk lemon saat kepala sedang terluka.

-

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

1. Masker wajah.
Lidah buaya dianggap sebagai tanaman yang tepat karena mengandung sifat anti penuaan. Lemon mempunyai sifat eksfolian (mengelupas) yang baik dan secara lembut menghilangkan sel kulit mati.

2. Menghilangkan bekas makeup.
Lidah buaya merupakan salah satu makeup paling lembut. Dan tentu saja lidah buaya paling alami dibanding produk-produk berbahan kimia yang mungkin tidak cocok digunakan pada semua jenis kulit.

3. Krim cukur.
Melembapkan kulit sangat penting, terutama setelah mencukur. Mencukur juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan benjolan, makanya kini sudah banyak krim cukur yang dijual bebas untuk menghindari iritasi ini.

4. Serum mata.
Lidah buaya memang sangat bagus karena sifat gelnya yang anti penuaan. Nah, meskipun sudah banyak serum mata dijual di pasaran, lidah buaya ini juga bisa digunakan untuk serum mata.

5. Masker rambut.
Lidah buaya memang dipercaya bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Kandungan enzim pada lidah buaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori di kulit kepala. Enzim tersebut membuka folikel rambut yang akan membantu nutrisi agar mudah dicapai rambut sehingga lebih kuat dan meningkatkan pertumbuhan rambut baru.

Comments