Cara membuat masker kopi dan lemon, dapat hilangkan kulit mati

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Cara membuat masker kopi dan lemon, dapat hilangkan kulit mati

Cara membuat masker kopi dan lemon, dapat hilangkan kulit mati

KEPONEWS.COM - Cara membuat masker kopi dan lemon, dapat hilangkan kulit mati Ada banyak manfaat yang didapatkan bila seseorang mempunyai kulit wajah yang bersih dan cerah, salah satunya lebih percaya diri dan juga kesehatan kulit yang terjamin. Namun untuk mendapatkannya tentu...

Ada banyak manfaat yang didapatkan bila seseorang mempunyai kulit wajah yang bersih dan cerah, salah satunya lebih percaya diri dan juga kesehatan kulit yang terjamin. Namun untuk mendapatkannya tentu saja dibutuhkan usaha dengan memberikan perawatan khusus.

Banyak sekali produk-produk kecantikan yang bisa memanjakan kulit kamu. Namun apakah itu semua aman untuk kulit? Tentu tak ada yang bisa menjamin, terlebih bila kamu mempunyai kulit wajah yang sensitif. Cara aman untuk membuat wajah tetap bersih merupakan dengan memakai bahan-bahan alami.

Bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengangkat sel kulit mati ialah kopi dan lemon. Cara membuatnya juga sangat mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Namun, sebelum kamu membuatnya, kamu harus ketahui terlebih dahulu kandungan kopi dan lemon yang bisa menyehatkan kulit.

Cara membuat masker kopi dan lemon freepik.com

foto: freepik.com

Lemon kaya akan antibakteri dan anti-inflamasi, membantu merawat dan melindungi kulit dari bakteri jahat. Jeruk lemon mengandung asam sitrat, kalsium, fosfor, vitamin B5, B3, B1, B2, C, zat besi, magnesium, dan masih banyak lagi.

Cara membuat masker kopi dan lemon freepik.com

foto: freepik.com

Sementara asam caffein dan antioksidan dalam kopi dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini sel. Kopi juga dapat membantu melindungi kulit dari beberapa tanda penuaan yang terkait dengan paparan sinar matahari.

Bila kedua bahan alami ini dipadukan, maka sangat efektif untuk membuat kulit menjadi lebih sehat dan bersih, hal ini dikarenakan masker kopi dan lemon bisa mengangkat sel kulit mati dan membuatnya menjadi lebih halus.

Berikut cara membuat masker kopi dan lemon dengan mudah di rumah, seperti dilansir dari banyak sekali sumber, Senin (11/1).

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
- 1/2 cangkir biji kopi bubuk
- 1/2 cangkir bubuk cokelat organik tanpa pemanis
- 1 cangkir susu murni tanpa pemanis
- 1 sdm perasan lemon
- 1 sdm madu (Kamu bisa menggunakannya atau di-skip)
- Mangkuk untuk mencampurkan semua bahan

Cara membuat:
1. Campurkan bubuk kopi dengan bubuk kakao
2. Tambahkan susu dan aduk sampai menjadi pasta
3. Untuk pasta yang lebih kental, gunakan lebih sedikit susu.
4. Aduk dalam jus lemon dan madu
5. Oles ke wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit
6. Bilas hingga bersih

-

Manfaat lemon untuk wajah dan cara memakainya

1. Pelembap.
Lemon mempunyai sifat antibakteri yang kuat. Sifat tersebut sangat cocok digunakan sebagai pelembap wajah. Caranya, campur beberapa tetes air kelapa dengan beberapa tetes jus lemon. Kelapa berfungsi melembapkan kulit, sedangkan lemon akan membersihkan dan mencerahkannya.

Kalau kamu punya kulit sensitif, lakukan uji coba pada kulit lainnya. Misalnya tempelkan pada bagian kulit tangan terlebih dulu.

2. Menghilangkan komedo.
Mungkin belum banyak yang tahu kalau lemon juga dapat membantu merawat atau menghilangkan komedo. Kandungan asam sitrat pada lemon berbentuk alami asam alfa hidroksi (AHA).

Cara penggunaannya, bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian gosokkan irisan lemon yang dicampur madu. Usapkan pada bagian wajah yang sering muncul komedo. Biasanya ada pada zona T wajah. Rasakan sensasi kandungan AHA saat melakukan pembersihan pori-pori wajahmu.

3. Pembersih wajah.
Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada pada lemon bisa membantu merawat wajah jadi lebih bersih. Bak alat makeup toner yang berharga mahal, kamu bisa membuat pembersih sendiri cukup dengan bahan dasar lemon.

Caranya, campurkan beberapa tetes minyak esensial, lemon, dan pohon teh sekitar per-enam ons air. Celupkan kapas bersih dengan campuran lemon tadi. Oles pada bagian wajah yang diinginkan.

4. Mencerahkan wajah.
Lemon kaya akan vitamin C dan asam sitrat, sehingga dapat membantu mencerahkan dan mencerahkan kulit saat digunakan seiring waktu. Vitamin C merupakan antioksidan yang bagus untuk menetralkan radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen. Itu berarti dapat membantu meringankan bintik-bintik gelap.

Caranya, oleskan SPF (Sun Protection Factor) pada wajah. Campur jus lemon dengan madu, celupkan kapas bersih. Oleskan kapas basah pada wajah.

5. Menghilangkan minyak berlebih.
Asam sitrat di dalam jus lemon bekerja sebagai zat alami. Zat ini bisa menahan dan membersihkan wajah dari minyak. Caranya mudah, tambahkan beberapa tetes jus lemon dan madu ke kapas. Kemudian usap ke wajah yang sudah dibersihkan.

6. Scrub bibir.
Lemon tidak hanya bisa digunakan pada area wajah saja, tapi juga bagian bibir. Caranya, campurkan sedikit jus lemon dengan gula merah untuk membuat scrub bibir sendiri. AHA pada jus lemon akan bekerja sebagai exfoliator kimia, berfungsi melonggarkan sel-sel kulit mati. Sementara gula bekerja sebagai exfoliator fisik untuk mengelupaskannya.

Dengan catatan, cara ini tidak disarankan jikalau bibirmu sedang iritasi atau mengalami masalah. Konsultasikan ke dokter ahlinya terlebih dulu sebelum memakai lemon untuk scrub bibir. Dilansir dari womenshealthmag, "Jelas, kalau bibir kamu sudah pecah-pecah parah, jangan coba-coba," kata Gary Goldfaden, MD, seorang dokter kulit.

7. Perawatan jerawat.
Buah lemon sangat ampuh untuk merawat dan menghilangkan bekas jerawat. Ambil satu buah lemon, peras airnya lalu campurkan dengan air. Oleskan langsung pada bagian yang berjerawat. Kamu bisa memakai kapas atau cotton bud. Kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah kering, bilas wajah dengan air bersih.

Selain dioleskan pada wajah, kamu bisa meminum perasan satu lemon yang sudah dicampur dengan tiga gelas air. Air lemon ini dapat membersihkan wajah dari dalam. Lakukan secara rajin supaya jerawat dan bekasnya cepat hilang.

8. Mengatasi penuaan dini.
Lemon dipercaya dapat mengatasi masalah penuaan dini. Seperti keriput, pigmentasi, dan bercak hitam pada wajah. Kandungan vitamin C pada lemon bersifat antioksidan, akan menangkal radikal bebas dan membentuk sel kulit wajah baru.

Lemon juga dapat merangsang peningkatan produksi kolagen kulit. Caranya, campur lemon dengan air atau madu secukupnya. Oleskan pada wajah.

9. Anti-bakteri.
Setiap hari kulit bagian luar rentan akan kotoran dan polusi udara. Kuman dan bakteri mudah masuk ke pori-pori wajah. Untuk menghilangkan dan merawat wajah dari bakteri, kamu bisa memakai perasaan jeruk lemon.

Kandungan polifenol pada lemon dapat menjadi antioksidan dan antibakteri. Cukup pakai satu perasaan lemon ukuran kecil, campur dengan minyak esensial. Kemudian aplikasikan pada wajah.

10. Memutihkan wajah.
Lemon dapat membantu memutihkan wajah secara alami. Kandungan asam sitratnya berfungsi sebagai komponen pemutihan alami. Caranya, campurkan dua sendok makan air perasan lemon dengan 3 sdm air putih. Aduk rata lalu oleskan ke seluruh wajah dan leher.

Diamkan selama 30 menit. Setelah kering, cuci bersih wajah dengan air dingin. Buat kamu yang punya wajah sensitif, tambahkan madu ke dalam campuran lemon tadi.

Comments