Cara membuat masker dari kopi dan putih telur, bikin wajah glowing

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Cara membuat masker dari kopi dan putih telur, bikin wajah glowing

Cara membuat masker dari kopi dan putih telur, bikin wajah glowing

KEPONEWS.COM - Cara membuat masker dari kopi dan putih telur, bikin wajah glowing Memakai bahan-bahan alami untuk mempercantik diri, menjadi pilihan yang tepat dibandingkan dengan mencoba produk-produk kecantikan yang belum tentu cocok dengan wajah. Salah satu bahan alami yang cuku...

Memakai bahan-bahan alami untuk mempercantik diri, menjadi pilihan yang tepat dibandingkan dengan mencoba produk-produk kecantikan yang belum tentu cocok dengan wajah. Salah satu bahan alami yang cukup ampuh untuk membuat wajah terlihat lebih glowing ialah kopi dan putih telur.

Biji kopi yang berwarna cokelat ini dikenal sebagai obat melawan kantuk karena kandungan kafein yang tinggi. Namun beberapa tahun belakangan kopi dimanfaatkan untuk produk kecantikan atau kosmetik. Kopi dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit dan muncul dalam banyak sekali bentuk produk kecantikan seperti krim, masker hingga lotion.

Antioksidan pada kopi bisa melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Kopi juga menyimpan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, glikosida, mineral, asam amino, protein, kafein, asam karboksilat, trigonelline dan asam klorogenat.

Cara membuat masker dari kopi dan putih telur freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari medicalnewstoday putih telur mengandung protein dan albumin tinggi, bisa memberikan efek mengencangkan kulit dan menyerap minyak berlebih dari kulit. tak heran kalau putih telur kerap dimasukkan jadi bahan pokok perawatan. Misalnya digunakan sebagai bahan utama masker wajah untuk banyak sekali jenis kulit.

Cara membuat masker dari kopi dan putih telur freepik.com

foto: freepik.com

Bagaimana cara membuat dua bahan alami ini menjadi masker yang bisa membuat wajah kamu glowing dan sehat? Berikut lansir dari banyak sekali sumber, Jumat (8/1).

1. Siapkan 1 butir putih telur dan 2 sendok makan kopi

2. Campur dua bahan tersebut hingga menyatu

3. Aplikasikan ke kulit dan biarkan selama 25-30 menit atau sampai masker mengering

4. Bila sudah kering, bilas memakai air bersih.

Manfaat putih telur untuk kecantikan dan cara pakainya

1. Menghapus bulu wajah secara alami.

Dikutip dari cookist, putih telur sangat efektif untuk membuat wajah tampak lebih bersih dengan menghilangkan bulu wajah. Caranya, oleskan putih telur hingga menutupi seluruh wajah. Tutup wajah dengan kertas atau tisu bersih, lubangi area mata dan mulut. Olesi lagi kertas atau tisu dengan putih telur. Diamkan hingga mengering. Setelah itu, tarik secara perlahan kertas atau tisu dari wajah.

2. Mengencangkan pori-pori kulit.

Dilansir dari cookist, astringent pada putih telur membantu mengencangkan pori-pori kulit dan membuat penampilan makin awet muda. Caranya, oleskan campuran putih telur, jus lemon segar, dan madu alami ke seluruh wajah. Biarkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

3. Mengecilkan kulit kendur.

Menurut cookist, khasiat lain dari putih telur ialah bisa mengencangkan kulit kendur. Caranya mudah, oleskan tipis-tipis secara merata putih telur pada wajah atau bagian kulit lain. Biarkan mengering. Setelah itu bersihkan dengan air.

4. Menghilangkan kulit berminyak.

Dikutip dari cookist, kulit berminyak pada wajah dan rambut dapat dikontrol dengan perawatan putih telur. Pertama-tama, bersihkan wajah atau rambut terlebih dulu. Tepuk-tepuk dengan air hingga kering. Selanjutnya, oleskan putih telur secara merata, tunggu hingga kering. Setelah mengering, bilas dengan air bersih.

Untuk kulit kepala, campurkan satu putih telur dengan sedikit madu. Oleskan pada kepala dan diamkan kurang lebih selama selama 10 menit. Kemudian bilas dengan cara keramas seperti biasanya.

5. Mencegah jerawat.

Menurut cookist, putih telur juga bisa membantu mengontrol kulit berminyak yang berkaitan dengan jerawat. Namun perlu diingat, putih telur tidak boleh dioleskan langsung pada kulit yang berjerawat karena dapat memperburuk erupsi lebih parah. Biarkan jerawat mengering atau kempis terlebih dulu, baru aplikasikan masker putih telur dipadukan dengan madu.

6. Membuat rambut bersinar.

Untuk mendapatkan rambut berkilau dan bersinar, kamu bisa memanfaatkan putih telur. Caranya oleskan putih telur pada helai rambut. Biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dan keramas sampai bersih.

7. Membantu menghilangkan komedo.

Dikutip dari beautymunsta, putih telur punya sifat astringen. Bahan dapur ini dapat mengeluarkan sebum, mengeluarkan kotoran yang menempel jauh di dalam pori-pori. Selain itu, putih telur juga bisa mengencangkan pori-pori yang membantu secara alami mengeluarkan komedo hitam dengan mengeluarkannya dari permukaan kulit.

Caranya, pisahkan dengan dengan kuning telur. Campur dengan bahan alami lain seperti madu atau minyak zaitun. Oleskan pada wajah berkomedo. Diamkan hingga masker kering. Bilas memakai air sampai bersih.

8. Mengurangi bengkak di bawah mata.

Dilansir dari beautymunsta, secara efektif putih telur bisa menghilangkan bengkak di bawah mata dan kantung mata. Caranya mudah, gosokkan secara perlahan putih telur di bawah mata memakai jari telunjuk. Bilas bersih saat mengering. Keringkan bawah mata dengan handuk lembut kemudian oleskan minyak kelapa.

Cara ini juga efektif untuk mengurangi penuaan dini, pembentukan kerutan, garis halus dan otot wajah yang kendur, serta menghilangkan komedo hitam.

9. Menghilangkan ketombe.

Dilansir dari timesofindia, selain rambut berkilau, putih telur bisa kamu gunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya kocok dan campur 2 putih telur, 2 sendok makan minyak zaitun, 1 cangkir yogurt, dan 1 sendok makan jus lemon sampai lembut.

Oleskan pada rambut dan biarkan selama sekitar 5-10 menit. Kalau sudah, bilas rambut hingga bersih. Ulangi sekali dalam dua minggu untuk mendapatkan hasil yang efektif.

10. Melembapkan kulit.

Dikutip dari timesofindia, putih telur dapat mencegah wajah kering jikalau digunakan dengan benar. Caranya campur putih telur dengan satu sendok teh madu. Oleskan pada wajah, diamkan selama 10-15 menit. Bilas wajah dengan air dingin. Ulangi sekali atau dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Comments