Cara membuat masker dari kopi dan lidah buaya, aman dan mudah dibuat

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Cara membuat masker dari kopi dan lidah buaya, aman dan mudah dibuat

Cara membuat masker dari kopi dan lidah buaya, aman dan mudah dibuat

KEPONEWS.COM - Cara membuat masker dari kopi dan lidah buaya, aman dan mudah dibuat Kulit merupakan salah satu bagian yang perlu diperhatikan karena dapat menunjang kecantikan, terutama pada kaum hawa. Bagian kulit yang menjadi perhatian khusus bagi para wanita adalah kulit wajah....

Kulit merupakan salah satu bagian yang perlu diperhatikan karena dapat menunjang kecantikan, terutama pada kaum hawa. Bagian kulit yang menjadi perhatian khusus bagi para wanita adalah kulit wajah.

Selain memakai produk kecantikan, kamu bisa menghilangkan kulit kusam, jerawat dan masalah kulit lainnya dengan bahan alami seperti kopi dan lidah buaya. Kopi dan lidah buaya dapat dijadikan masker alami yang akan menutrisi kulit wajah.

Kopi dan lidah buaya merupakan tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia. Kedua bahan ini mempunyai beberapa kandungan yang dapat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Kopi mempunyai kandungan fenol yang membantu melawan radikal bebas.

Radikal bebas bila tak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kerusakan kulit. American Chemical Society telah menemukan bahwa kopi merupakan sumber antioksidan paling populer di Amerika Serikat. Bahkan lebih dari minuman kaya antioksidan lainnya, seperti teh dan anggur.

Dilansir dari healthline.com dan stylecraze.com pada Kamis (3/12), kopi menyimpan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, glikosida, mineral, asam amino, protein, kafein, asam karboksilat, trigoneline dan asam klorogenat.

Sementara itu, lidah buaya mengandung zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, dan polisakarida yang baik untuk kesehatan. Lidah buaya juga terkenal dalam perannya sebagai anti-inflamasi, antijamur, antibakteri, dan membantu proses regenerasi sel.

- Manfaat kopi dan lidah buaya

Cara membuat masker kopi lidah buaya    2020

foto: freepik.com

Bubuk kopi dapat membantu pengelupasan sel kulit mati dan lidah buaya berfungsi untuk melembabkan kulit. Dari perpaduan dua bahan ini, tampilan stretch mark akan memudar secara perlahan. Namun, tak hanya itu beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah sebagai berikut.

1. Mencegah penuaan dini.

Paparan sinar UV dapat menyebabkan photoaging, tetapi mengoleskan masker kopi dan lidah buaya ke wajah dapat membalikkannya pada kondisi kulit semula. Lidah buaya dianggap sebagai tanaman yang tepat karena mengandung sifat anti penuaan.

2. Mengelupas sel kulit mati.

Memakai masker kopi dan lidah buaya saat mandi, secara otomatis membuat kulit menjadi lembut saat disentuh. Hal ini dikarenakan masker yang mengandung bubuk kopi dapat mengelupas sel-sel kulit mati.

3. Melembabkan kulit.

Masker kopi dan lidah buaya efektif untuk melembabkan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan zat polisakarida dan sterol pada lidah buaya, bisa membantu mempertahankan kelembapan kulit.

4. Meredakan radang dan gatal.

Tak jarang jerawat mengalami peradangan dan menimbulkan efek memerah pada wajah. Bagian dalam daun lidah buaya terkandung zat yang mempunyai manfaat untuk mengurangi radang dan antimikroba. Hal ini dapat meredakan keluhan pada kulit dengan masalah jerawat, dermatitis, iritasi karena terpapar sinar matahari dan juga psoriasis.

5. Mencegah jerawat.

Dalam kasus luka atau infeksi kulit yang sering terjadi, penggunaan kopi secara teratur dapat membantu memerangi masalah dari bakteri berbahaya. Kopi mempunyai sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Dikombinasikan dengan pengelupasan alami karena bubuk kopi, semua manfaat ini secara kolektif dapat melawan jerawat pada wajah atau pun tubuh. Serta lidah buaya mempunyai zat antimikroba. Sehingga bila kedua bahan ini digabungkan dapat mencegah tumbuhnya jerawat pada kulit wajah.

6. Mengatasi dark circle.

Menurut Beverly Hills MD Cosmeceuticals, kandungan kafein dalam kopi diduga membantu melebarkan pembuluh darah yang berkontribusi pada lingkaran hitam. Sehingga bila kamu memakai kopi sebagai lulur atau masker wajah dapat mencegah timbulnya mata panda. Serta lidah buaya bertindak untuk melembabkan kulit setelahnya.

7. Membuat kulit rileks.

Manfaat anti penuaan dari kopi dan lidah buaya bisa digunakan untuk perawatan pasca berjemur. Kuncinya di sini ialah membuat perawatan yang menenangkan sehingga kulit yang terbakar matahari akan lebih tenang. Lidah buaya memberikan efek tenang karena sifat gelnya yang terasa dingin saat diaplikasikan pada wajah.

- Cara membuat masker kopi dan lidah buaya.

Cara membuat masker kopi lidah buaya    2020

foto: freepik.com

Bahan:
- 1 sdm bubuk kopi
- 1-2 sdm gel lidah buaya

Cara pakai:
1. Campur bubuk kopi dan gel lidah buaya.
2. Pijatkan pada stretch mark dengan campuran tersebut selama 5 menit.
3. Biarkan selama 10 menit lagi. Kemudian cuci bersih.
4. Ulangi tiga kali seminggu.

Lidah buaya sangat menenangkan karena dapat menghidrasi kulit dan membuatnya merasa rileks. Pijatan yang baik dengan lulur ini dapat menstimulasi sel-sel dan memberikan kulit sehingga tampak bercahaya, sehat dan alami.

Bahan:
- 1/4 cangkir kopi bubuk
- 3 sdm gel lidah buaya

Cara membuat:
1. Campur kedua bahan tersebut.
2. Oleskan lulur ke wajah atau tubuh. Pijat selama 10 menit.
3. Biarkan selama 10 menit. Cuci bersih.

Comments