Cara Membuat Halaman Landscape dan Portrait dalam Satu Dokumen Word

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Cara Membuat Halaman Landscape dan Portrait dalam Satu Dokumen Word

Cara Membuat Halaman Landscape dan Portrait dalam Satu Dokumen Word

KEPONEWS.COM - Cara Membuat Halaman Landscape dan Portrait dalam Satu Dokumen Word Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft) Apa kamu sedang kesulitan membuat halaman landscape dan potrait dalam satu dokumen Word saja? jikalau iya, kamu berada di...

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Apa kamu sedang kesulitan membuat halaman landscape dan potrait dalam satu dokumen Word saja? jikalau iya, kamu berada di halaman yang tepat.

Umumnya, ketika kita membuka Microsoft Word, maka tampilan pada layar ialah halaman berbentuk potrait.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena Microsoft Word sendiri memberikan kebebasan buat penggunanya untuk memilih page layout yang digunakan.

Jikalau layout potrait bukan menjadi keinginanmu, maka kamu bisa mengubahnya kedalam mode landscape.

Caranya ialah dengan klik menu Layout > orientation > kemudian pilih landscape. Dengan begitu, tampilan Word di layar komputer kamu akan menampilkan lembar landscape.

Akan tetapi yang jadi permasalahan ialah bagaimana mencoba menyisipkan layout landscape di tengah-tengah halaman dengan mode portrait?

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Kasus ini biasanya terjadi ketika kamu ingin memasukkan data atau gambar dengan orientasi kertas melebar ke samping alias landscape.

Tenang saja, caranya tidak sesulit yang dikira kok. Kamu hanya perlu memanfaatkan fasilitas bawaan Microsoft Word bernama Page Break.

Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah di bawah ini:

Buka software Microsoft Word di komputer atau laptop kamu.Secara otomatis word akan membuat halaman dengan layout portrait. Buat halaman baru dengan klik menu Layout > Breaks > Next Page. Ini berguna untuk memisahkan halaman.Halaman baru akan dibuat dalam layout potrait.Untuk mengubahnya ke landscape, klik menu Layout > Orientation > Landscape.

Setelah halaman baru mempunyai orientasi landscape maka kamu perlu mengubahnya lagi ke orientasi potrait agar halaman setelahnya tidak ikut berbentuk landscape.

Caranya sama kok, kamu hanya perlu memisahkan halaman dengan section break. Kemudian pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Orientation dan pilih Portrait.

Cara di atas bertujuan mengubah halaman potrait ke landscape ketika lembar masih dalam keadaan kosong.

Lalu bagaimana bila ingin mengubah orientasi kertas ketika halaman sudah terisi data? dari hasil penelusuran tim Hitekno.com, kamu hanya perlu memanfaatkan fasilitas Custom Margin yang ada dalam Microsoft Word.

Cara membuat halaman landscape dan potrait tanpa Page Break:

Blok/pilih/select dokumen yang akan kita buat landscape. Klik menu Layout > Margin > Custom MarginPada bagian Orientation klik gambar Landscape, lalu pada bagian Apply to pilih Selected text. Bila sudah klik OK.

Jikalau langkah di atas sudah kamu lakukan, maka dokumen yang kamu blok tadi akan otomatis berubah orientasi menjadi landscape tanpa mengganggu orientasi halaman lain.

Itulah beberapa cara membuat halaman landscape dan potrait dalam satu dokumen Word. Mudah bukan?

Kontributor: Tenang Lestari

Comments