Cara Lakukan Isolasi Mandiri di Rumah untuk Cegah Persebaran Covid-19

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Cara Lakukan Isolasi Mandiri di Rumah untuk Cegah Persebaran Covid-19

Cara Lakukan Isolasi Mandiri di Rumah untuk Cegah Persebaran Covid-19

KEPONEWS.COM - Cara Lakukan Isolasi Mandiri di Rumah untuk Cegah Persebaran Covid-19 Melakukan karantina atau isolasi mandiri merupakan salah satu cara aman untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19 setelah kita mengalami gejala Covid-19 atau setelah melakukan kontak baik dengan o...

Melakukan karantina atau isolasi mandiri merupakan salah satu cara aman untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19 setelah kita mengalami gejala Covid-19 atau setelah melakukan kontak baik dengan orang yang mempunyai gejala Covid-19 maupun orang yang telah terkonfirmasi Covid-19.

Namun, sebagian masyarakat masih khawatir ketika melakukan isolasi atau karantina secara mandiri karena masih banyak yang beranggapan bahwa jikalau mereka melakukan hal tersebut, orang-orang beranggapan bahwa mereka akan diasingkan.

Padahal, tidak serta-merta demikian, Dokter Pompini Agustina Sp.P(K) mengatakan, masyarakat yang melakukan isolasi atau karantina mandiri justru merupakan tindakan yang baik karena itu dapat memutus persebaran Covid-19.

"Masyarakat tidak boleh mempunyai konsep sepeti ini. Tidak serta merta orang yang melakukan karantina atau isolasi mandiri harus dikucilkan atau diasingkan. Justru hal tersebut dapat memutus penularan Covid-19," tuturnya dalam program Isolasi Mandiri di Rumah Sesuai Protokol Kesehatan pada Selasa (4/8/2020).

Protokol Isolasi Mandiri

Untuk itu, dokter Pompini Agustina membuatkan tips bagaimana cara melakukan isolasi atau karantina di rumah sehingga hal itu menjadi efektif untuk memutus penularan Covid-19.

Pengaturan kamar:

Tempatkan orang yang sakit di ruangan atau kamar tersendiri yang mempunyai ventilasi baik (mempunyai jendela/pintu terbuka).

Batasi pergerakan (aktivitas dalam ruangan saja atau di kamar sendiri).

Minimalkan membuatkan ruangan yang sama (kamar mandi dan dapur) dan mempunyai ventilasi yang baik.

Anggota keluarga yang lain diusahakan untuk tidur di kamar yang berbeda. Kalau tidak memungkinkan, maka jaga jarak minimal 1 meter dari pasien (usahakan untuk tidur di kasur berbeda).

Presiden Jokowi Bakal Nambah Cucu, Manjanya Gaya Kahiyang Ayu Hamil Anak ke-2

Perawatan pasien/orang sakit:

Batasi jumlah orang yang merawat pasien. Idealnya satu orang yang benar-benar sehat tanpa mempunyai gangguan kesehatan lain atau gangguan kekebalan.

Pengunjung atau penjenguk tidak diizinkan sampai pasien benar-benar sehat dan tidak bergejala.

Lakukan hand hygiene (cuci tangan) segera setelah melakukan kontak dengan pasien atau lingkungan pasien.

Selanjutnya

Comments