Cara Atasi Insomnia, Salah Satunya Minum Susu Sebelum Tidur

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Cara Atasi Insomnia, Salah Satunya Minum Susu Sebelum Tidur

Cara Atasi Insomnia, Salah Satunya Minum Susu Sebelum Tidur

KEPONEWS.COM - Cara Atasi Insomnia, Salah Satunya Minum Susu Sebelum Tidur Insomnia bisa mengganggu aktivitas karena seseorang kesulitan untuk tidur. Seseorang yang mengalami insomnia bisa jadi menghadapi penyakit atau permasalahan psikologis. Dengan demikian, untuk membant...

Insomnia bisa mengganggu aktivitas karena seseorang kesulitan untuk tidur. Seseorang yang mengalami insomnia bisa jadi menghadapi penyakit atau permasalahan psikologis.

Dengan demikian, untuk membantu tidur, penderita mungkin akan mengandalkan obat tidur. Tentunya, hal ini harus segera diatasi. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengatasi insomnia ringan, dikutip Independent.

Pastikan ruangan gelap

Pastikan ruangan Kamu dalam keadaan gelap dan dingin. Gelap mengisyaratkan otak untuk menghasilkan melatonin, hormon yang mengatur tidur.

Melatonin mendinginkan suhu tubuh internal Kamu, yang seharusnya mencapai titik terendah antara pukul 02.00-04.00. The Sleep Foundation merekomendasikan suhu kamar tidur sekitar 15 sampai 20 Celcius.

Buat jadwal tidur

National Sleep Foundation menyarankan Kamu untuk membuat jadwal tidur dengan benar. Lakukan hal tersebut setiap hari sekalipun pada hari libur.

Ritual sebelum tidur juga penting untuk meningkatkan kualitas tidur Kamu. Cobalah bersantai sejenak, mandi atau membaca buku. Jangan berinteraksi dengan ponsel atau pun laptop menjelang tidur, karena hal tersebut akan membuat otak kembali bekerja keras.

Minum susu sebelum tidur

Coba untuk meminum susu hangat sebelum tidur. Kebiasaan minum susu hangat sebelum tidur dipercaya bisa membuat perasaan lebih tenang dan rileks. Hal ini juga bisa meningkatkan kualitas tidur Kamu.

Bila semua percobaan di atas tidak berhasil, cobalah memakai kaos kaki hangat berbahan wol. Berdasarkan studi oleh peneliti Swiss yang dipublikasikan pada jurnal Nature membuktikan bahwa tangan dan kaki yang hangat akan memudahkan seseorang untuk tidur.

Pakar tidur dr. Wendy Troxel juga memaparkan bahwa, Kamu harus melatih otak untuk menyadari bahwa tempat tidur merupakan tempat untuk tidur, bersantai tanpa rasa khawatir ataupun stres.

Bila Kamu merasa insomnia perlu penanganan khusus, lebih baik lakukan konsultasi ke dokter.

Seseorang yang mengalami insomnia bisa jadi menghadapi penyakit atau permasalahan psikologis.

Khasiat Sayur Bayam Bila Dikonsumsi Secara Rajin, Apa Saja?

(ahl)

Comments