Captcha Ini Jadi Dilema Pengguna PC, Begini Cara Mengatasinya

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Captcha Ini Jadi Dilema Pengguna PC, Begini Cara Mengatasinya

Captcha Ini Jadi Dilema Pengguna PC, Begini Cara Mengatasinya

KEPONEWS.COM - Captcha Ini Jadi Dilema Pengguna PC, Begini Cara Mengatasinya Captcha Jadi Dilema Pengguna PC, Begini Cara Mengatasinya. (Instagram) Sebuah foto viral di sosmed dianggap mewakili keluhan dan dilema pengguna PC. Itu berkaitan dengan sistem keamanan sebelum mengak...

Captcha Jadi Dilema Pengguna PC, Begini Cara Mengatasinya. (Instagram)

Sebuah foto viral di sosmed dianggap mewakili keluhan dan dilema pengguna PC. Itu berkaitan dengan sistem keamanan sebelum mengakses sebuah situs atau yang biasa disebut Captcha.

Captcha merupakan sebuah bentuk ujian yang digunakan untuk memastikan bahwa sebuah jawaban tidak dihasilkan oleh robot, dalam hal ini mesin komputer.

Proses ini biasanya melibatkan suatu server yang meminta pengguna untuk menyelesaikan sebuah uji sederhana.

Pernahkah kamu membuka sebuah situs lantas diminta memberikan konfirmasi jikalau kamu bukan robot?

Kalau iya, kamu mungkin pernah berada dalam dilema seperti yang ada pada meme ini.

Dalam foto tersebut, mesin meminta pengguna PC untuk memilih kotak-kotak yang berhubungan dengan kendaraan.

Tentu saja akan sangat mudah kalau gambar kendaraan berada di tempat yang jelas. Namun bagaimana bila ada bagian dari kendaran yang nyaris?

Captcha Jadi Dilema Pengguna PC, Begini Cara Mengatasinya. (Instagram)Captcha Jadi Dilema Pengguna PC, Begini Cara Mengatasinya. (Instagram)

Maksud dari nyaris di sini ialah potongan gambar tersebut ada yang berada di blok lain, meskipun hanya kecil.

Apa yang harus dilakukan? tetap klik atau dibiarkan saja? kamu bisa melakukan keduanya, karena jikalau salah, kamu akan diminta menjawab kuis berupa Captcha ini lagi.

Namun kamu tak perlu khawatir, tim justru akan memberikan tutorial cara mengatasi Captcha yang tidak habis-habis, khususnya untuk pengguna Google Chrome.

Caranya mudah kok, kamu hanya perlu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas laman browser kamu.

Kemudian pilih Settings. Gulir layar dan klik Advanced untuk memunculkan menu Privacy and security. Nah di sini kamu mesti memilih Clear browsing data. Kemudian klik Clear data.

Dengan cara ini kamu akan jarang menemukan Captcha saat hendak membuka sebuah situs. Alasannya adalah pada dasarnya Captcha muncul karena terlalu banyaknya aktivitas pencarian di browser kamu.

Itulah foto viral di sosmed, Captcha yang bikin dilema.

Kontributor: Tenang Lestari

Comments