Capt Hifny Andy Assegaf Jadi Pilot Indonesia Pertama Peraih Sertifikat Chief Pilot CASR 141 FAA

Internasional

News / Internasional

Capt Hifny Andy Assegaf Jadi Pilot Indonesia Pertama Peraih Sertifikat Chief Pilot CASR 141 FAA

Capt Hifny Andy Assegaf Jadi Pilot Indonesia Pertama Peraih Sertifikat Chief Pilot CASR 141 FAA

KEPONEWS.COM - Capt Hifny Andy Assegaf Jadi Pilot Indonesia Pertama Peraih Sertifikat Chief Pilot CASR 141 FAA Satu lagi cerita anak bangsa yang bisa mengukir prestasi yang mengharumkan negeri. Kali ini datang dari dunia penerbangan. Ialah Capt. Hifny Andy Assegaf yang mencatatkan diri sebagai pilot pertama da...

Satu lagi cerita anak bangsa yang bisa mengukir prestasi yang mengharumkan negeri.

Kali ini datang dari dunia penerbangan.

Ialah Capt. Hifny Andy Assegaf yang mencatatkan diri sebagai pilot pertama dari Indonesia yang sukses meraih Sertifikat Chief Pilot CASR 141 Federal Aviation Administration (FAA).

Atas hal itu, pria yang lahir di Malang 17 September 1968, kini berhak atas predikat penuh sebagai Chief Pilot Sekolah Pilot di negeri Paman Sam.

Dilansir Airspacereview, Capt. Hifny saat ini telah bersertifikat Private Pilot License Instrument Ratings Commercial Pilot Course dan Multi Engine Ratings, Flight Instructors Course (CFI) Initial, Certified Flight Instrument-Instructor (CFII), dan Multi Engine Instructor (MEI).

Sebagai catatan, menjadi hal yang luar biasa sulit bagi seorang instruktur pilot di Amerika untuk mendapatkan sertifikat seperti yang dikantongi Capt. Hifny.

Ujian ketat secara maraton selama berjam-jam harus dilalui bagi yang ingin meraih sertifikat tersebut.

Total waktu ujian memakan waktu 13 jam, terdiri dari 10 jam tes lisan, dua jam tes terbang memakai dua pesawat berbeda, dan satu jam debriefing oleh Inspektor Penerbangan dari FAA.

Capt. Hifny Assegaf, Orang Indonesia Pertama di Amerika Peraih Sertifikat Chief Pilot CASR 141 FAA Capt. Hifny Assegaf, Orang Indonesia Pertama di Amerika Peraih Sertifikat Chief Pilot CASR 141 FAA (dok.Pribadi/Airspace-review)

Selain tes soal silabus dan kurikulum sekolah pilot, peserta tes juga harus menjalani ujian secara lisan mengenai operasional FAA 141/61/91, prosedur keselamatan, prosedur operasi standar, advisory cirlulars (panduan operasional terbaru dari pemerintah AS), dan sebagainya.

Capt. Hifny mengakui, tes tersebut cukup menguras tenaga dan pikirannya. Namun, dia bersyukur bisa melewati rangkaian tes itu.

Comments