Cantiknya Desain Ulos Harungguan, Bisa jadi Inspirasi Buat Kamu

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Cantiknya Desain Ulos Harungguan, Bisa jadi Inspirasi Buat Kamu

Cantiknya Desain Ulos Harungguan, Bisa jadi Inspirasi Buat Kamu

KEPONEWS.COM - Cantiknya Desain Ulos Harungguan, Bisa jadi Inspirasi Buat Kamu Ulos merupakan kain tradisional asal Tapanuli, Sumatera Utara, yang mempunyai ragam jenis dan motif yang sarat makna. Ulos Harungguan disebut sebagai Raja Ulos di Tanah Tapanuli karena di masa lampau...

Ulos merupakan kain tradisional asal Tapanuli, Sumatera Utara, yang mempunyai ragam jenis dan motif yang sarat makna. Ulos Harungguan disebut sebagai Raja Ulos di Tanah Tapanuli karena di masa lampau hanya digunakan oleh Raja dan kalangan terpandang sehingga dianggap mempunyai nilai lebih tinggi dibandingkan jenis Ulos lain.

Keistimewaan Ulos Harungguan mempunyai motif kompleks yang menggabungkan semua motif Ulos, sehingga tak ada pengulangan motif. Ulos Harungguan hanya dibuat oleh penenun di Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Sibolga telah melakukan binaan untuk mengembangkan kerajinan Ulos di Muara. Kain ulos yang semula terkesan kaku, berat, dan terbatas pada warna cenderung gelap dengan pewarna alam, diolah menjadi lebih ringan, lembut, dan pilihan warna lebih variatif, sehingga lebih nyaman dikenakan, tanpa meninggalkan motif tradisi yang menjadi identitasnya.

Kain Ulos Harungguan hasil pengembangan tersebut diaplikasikan oleh fashion designer Wignyo Rahadi dalam rangkaian koleksi bertema Sahala yang memadukan elemen histori dengan sentuhan modernitas sehingga mewujudkan tampilan yang baru.

Koleksi berupa 20 outfit, terdiri dari busana kontemporer dan modest wear memakai Ulos Harungguan dalam pilihan warna cerah dan gelap yang berpadu harmonis, serta dikombinasikan dengan tenun ATBM motif Ulos sodum, full bintik, dan lurik. Ulos Harungguan kombinasi tenun ATBM ragam corak dituangkan dalam varian blouse, outer, celana, longdress, hingga longcoat bergaya modern. Ditampilkan pula selendang Ulos yang menciptakan gaya klasik kontemporer.

Kain Ulos Harungguan yang didesain oleh Wignyo Rahadi jadi busana cantik

Koleksi Sahala rancangan Wignyo Rahadi yang memakai Ulos Harungguan ditampilkan dalam acara Pagelaran Karya Kreatif Kain Tenun Tapanuli yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Sibolga pada tanggal 31 Agustus 2019 lalu bertempat di Rooftop Terminal Pelabuhan Laut Sibolga.

Melalui Pagelaran Karya Kreatif Tenun Tapanuli yang menampilkan keindahan kain Ulos dalam bentuk busana siap pakai (ready to wear) diharapkan dapat turut mendorong pusat kain Ulos sebagai industri fashion," para Wignyo Rahadi lewat rilis yang diterima VIVA.

de posuo by Ferry Sunarto di Moskow

Festival Indonesia Moskow 2019, Ferry Sunarto Pamerkan Tenun Masalli

Rumah Gorga di Hutaraja

40 Rumah Gorga Hutaraja Akan Direhabilitasi Demi Prioritas Danau Toba

Busana rancangan mahasiswa KOEFIA

Mahasiswa Italia Rancang Busana dengan Wastra Indonesia

Tenun Masalili karya Wignyo Rahadi

Pesona Tenun Masalili di Hutan Bakau

Karya Wignyo Rahadi

Kisah di Balik Tenun Kamooru, Kerajinan Khas Desa Masalili

Ririn Ekawati

Ririn Ekawati dan Nindy Suka Contek Gaya Fesyen Artis

Dengan mengangkat kultur tradisi dan sentuhan modern sehingga mempunyai daya pakai lebih tinggi, kain ulos dapat terus dilestarikan lintas zaman dan generasi, dan dapat diperkenalkan ke masyarakat lebih luas, tidak terbatas masyarakat Tapanuli, bahkan di negara lain.

"Dengan begitu dapat meningkatkan kesejahteraan pengrajin kain Ulos, papar Wignyo Rahadi lagi yang sebelumnya pernah mengembangkan selendang Ulos motif Ragidup dan meraih penghargaan World Craft Council Award of Excellence for Handicrafts in South-East Asia and South Asia 2014.

Keindahan busana dari kain Tenun Tapanuli ditampilkan di Rooftop Terminal Pelabuhan Laut Sibolga dengan latar arsitektur yang modern serta pemandangan alam saat sunset (senja) di area dermaga dan laut lepas yang memesona.

Pagelaran Karya Kreatif Tenun Tapanuli ditujukan pula untuk mempromosikan Pelabuhan Laut Sibolga sebagai destinasi wisata di Kota Sibolga.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, Suti Masniari Nasution, Kami mengangkat warisan budaya leluhur, yaitu kain ulos Harungguan yang disajikan dalam tampilan modern yang disukai semua generasi. Terminal Pelabuhan Laut Sibolga dipilih menjadi lokasi fashion show sebagai dukungan promosi pariwisata Kota Sibolga yang layak untuk dikunjungi karena desain bangunan dan keindahan laut Sibolga terlihat jelas dari pelabuhan.

Comments