Canggih! Siri Bisa Skrining Jika Anda Terpapar Virus Corona

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Canggih! Siri Bisa Skrining Jika Anda Terpapar Virus Corona

Canggih! Siri Bisa Skrining Jika Anda Terpapar Virus Corona

KEPONEWS.COM - Canggih! Siri Bisa Skrining Jika Anda Terpapar Virus Corona Apple telah memperbarui Siri, sehingga dapat melakukan skrining cepat untuk melihat apakah Kamu perlu menghubungi dokter dalam menghadapi pandemi virus corona. Tampaknya, pembaruan telah disebarluaska...

Apple telah memperbarui Siri, sehingga dapat melakukan skrining cepat untuk melihat apakah Kamu perlu menghubungi dokter dalam menghadapi pandemi virus corona.

Tampaknya, pembaruan telah disebarluaskan karena pengguna iPhone mulai memperhatikan fasilitas baru ini semenjak Sabtu (21/3/2020).

Untuk memulai, Kamu cukup mengatakan, "Hai Siri, apakah saya punya virus corona?"

Meskipun ini bukan pertanyaan yang menyenangkan untuk ditanyakan, itu memberi tahu Siri bahwa Kamu ingin dia skrining Kamu.

Jikalau Kamu memberi tahu Siri bahwa Kamu ingin diperiksa olehnya, dia kemudian akan bertanya apakah Kamu menderita batuk kering, demam, atau sesak napas.

Kamu dapat menjawab "Ya," "Tidak," atau "Tidak Yakin." Bila Kamu menjawab "Tidak," Kamu akan ditanya apakah Kamu telah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang dinyatakan positif menderita penyakit tersebut.

Virus Corona Covid-19. (Shutterstock)Virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Sekali lagi, tiga opsi itu ialah "Ya," "Tidak," atau "Tidak Yakin." Bergantung pada respons Kamu, Kamu mungkin diberitahu bahwa Kamu berisiko lebih rendah untuk terinfeksi tetapi perlu tetap waspada terhadap gejala-gejala seperti demam, batuk kering, atau sesak napas.

Sebagaimana dilansri laman Phonearena, Senin (23/3/2020), Siri juga akan mengingatkan Kamu untuk mencuci tangan selama 20 detik (menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun untuk diri sendiri dua kali), dan menghindari kontak dekat dengan orang-orang di luar rumah tangga Kamu.

Siri juga ingin Kamu tahu bahwa Kamu mungkin tidak merasa sakit, tetapi masih bisa membawa COVID-19, dan menyebarkannya kepada orang lain.

Bila jawaban Kamu memberi Siri alasan untuk merasa khawatir, dia akan bertanya apakah gejala Kamu ekstrem atau mengancam jiwa. Jikalau Kamu menjawab positif, Siri akan siap untuk memanggil layanan darurat (911) untuk Kamu. Kalau Kamu menjawab dengan respons negatif, Siri akan memberi tahu Kamu untuk tetap di rumah, hindari kontak dengan orang lain, dan hubungi dokter jikalau gejalanya semakin parah.

Pada akhir pemutaran, Siri menunjukkan tautan ke situs web Pusat Pengendalian Penyakit (CDC.gov).

Apple Siri. [Shutterstock]Apple Siri. [Shutterstock]

Sebelumnya, ada fasilitas Google Maps baru yang menunjukkan pengingat setiap kali Kamu mencari dokter atau rumah sakit memakai software. Sebuah kotak muncul di dekat bagian bawah layar yang mengingatkan Kamu untuk memanggil dokter Kamu, sebelum mengemudi ke rumah sakit kalau berpikir kemungkinan terpapar COVID-19.

Dan bila Kamu pergi ke Pencarian Google dan mengetuk coronavirus, tab khusus muncul yang akan membuat Kamu mendapatkan berita terbaru wacana informasi, berita, dan lainnya dari organisasi terkemuka.

Sayang, kemampuan skrining Siri ini hanya tersedia di AS dan tidak diketahui apakah Apple mempunyai rencana memperluasnya ke luar negeri. Menurut Apple, jawaban yang diberikan Siri untuk pemutaran berasal dari Layanan Kesehatan Masyarakat AS (sebuah divisi dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan), serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Comments