Canggih, Pria Ini Bikin Sendiri Kotak Jukebox Pemutar Musik Unik

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Canggih, Pria Ini Bikin Sendiri Kotak Jukebox Pemutar Musik Unik

Canggih, Pria Ini Bikin Sendiri Kotak Jukebox Pemutar Musik Unik

KEPONEWS.COM - Canggih, Pria Ini Bikin Sendiri Kotak Jukebox Pemutar Musik Unik Saat ini hampir semua perangkat terknologi sudah dikendalikan dengan layar sentuh dan perintah suara, namun ada satu perangkat unik buatan sendiri yaitu pemutar musik jukebox yang penggunaanya perlu d...

Saat ini hampir semua perangkat terknologi sudah dikendalikan dengan layar sentuh dan perintah suara, namun ada satu perangkat unik buatan sendiri yaitu pemutar musik jukebox yang penggunaanya perlu digesek dengan kartu.

Hal ini sangat unik, karena zaman sekarang memutar musik bisa melalui banyak perangkat seperti smartphone hingga asisten virtual. Bahkan software pemutar musik yang disertai dengan data pengguna pun juga sudah cukup mumpuni.

Namun salah satu desainer bernama Chris Patty ini membuat kotak musik versinya sendiri. Kotak jukebox ini dikendalikan oleh kartu fisik yang masing-masing dicetak dengan artis dan album di bagian depan.

Jukebox unik (Twitter/@ChrissJPatty)Jukebox unik (Twitter/@ChrissJPatty)

Untuk memainkannya kamu hanya perlu menggesek kartu fisik tersebut, maka otomatis lagu akan terdengar dari perangkat tersebut.

Dilansir dari The Verge, Chris Patty menciptakan jukebox sebagai hadiah Natal untuk ayahnya, setelah mengetahui acara natal keluarganya diisi dengan saling bertukar kado.

Setelah menyelesaikan jukebox tersebut, Patty mengunggah video pendek dari kreasi tersebut ke Twitter.

Tak disangka saat video tersebut diunggah, perangkat canggih milik Chriss Patty mendapatkan cukup respons positif sehingga dia mengerjakan versi open source dari perangkat lunak dan instruksi sehingga penggemar dapat membuatnya sendiri.

''Saya pikir hal ini berbicara wacana ketidaksenangan dengan layanan musik saat ini, perpustakaan yang tak terbatas di layanan pemutar musik membuat tak ada batas media fisik yang tak mempunyai kurasi dan dilewatkan semua orang'' terang Chriss Patty saat akan membuat ide perangkat tersebut.

Tak seperti perangkat pemutar musik lainnya yang mempunyai desain mewah, desain jukebox ini sangat sederhana yang di dalam kotaknya mempunyai speaker yang dikendalian oleh Rasberry Pi dan perangkat rakitan Patty.

Semua lagu disimpan secara lokal di kartu SD dan lagu-lagu tersebut dapat diputar kapan pun saat kartunya digesek.

Awalnya Patty berniat memakai kartu NPFC yang bisa disadap ke speaker, namun akhirnya ia memakai kartu magstripe seperti kartu kredit karena lebih murah.

Jukebox unik (Twitter/@ChrissJPatty)Jukebox unik (Twitter/@ChrissJPatty)

Di masing-masing kartu, Patty mencetak label mengkilap yang juga sudah mengandung kode ID yang ditentukan sebelumnya.

Jukebox buatannya tersebut merupakan hadiah yang bermakna, oleh karena itu ia berencana untuk membuat desain digital agar semua orang dapat mencetak 3D sendiri.

Kabarnya setelah diberi hadiah Natal tersebut, orangtuanya lebih banyak memakai Jukebox buatan Chris Patty daripada memakai asisten virtual dan akun spotify yang mereka miliki.

Comments