Canggih, Aplikasi Ini Diklaim Mampu Deteksi Virus Corona Hanya dengan Suara

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Canggih, Aplikasi Ini Diklaim Mampu Deteksi Virus Corona Hanya dengan Suara

Canggih, Aplikasi Ini Diklaim Mampu Deteksi Virus Corona Hanya dengan Suara

KEPONEWS.COM - Canggih, Aplikasi Ini Diklaim Mampu Deteksi Virus Corona Hanya dengan Suara Ilustrasi Virus Corona COVID-19. (Centers for Disease Control and Prevention) Mewabahnya virus corona membuat banyak ilmuwan berusaha menciptakan banyak sekali hal untuk menangani hal ini. Terbaru, p...

Ilustrasi Virus Corona COVID-19. (Centers for Disease Control and Prevention)

Mewabahnya virus corona membuat banyak ilmuwan berusaha menciptakan banyak sekali hal untuk menangani hal ini. Terbaru, para ilmuwan menciptakan software yang bisa deteksi virus corona hanya melalui suara. Canggih?

Terbatasnya alat untuk melakukan tes virus corona membuat ilmuwan berpikir keras untuk menciptakan hal sederhana dan murah namun efektif untuk melakukan tes virus corona.

Yang terbaru, para ilmuwan dari Carnegie Mellon University, Amerika Serikat membuat software yang dapat mendeteksi virus corona hanya dengan suara.

Mengutip Express.co.uk, software ini bernama COVID Voice Detector. Cukup menarik, software ini bahkan sudah diuji coba walaupun pengembangannya masih dalam tahap awal.

Lebih lanjut, menurut Benjamin Striner yang tergabung dalam terciptanya software ini, software deteksi virus corona melalui suara ini cukup akurat dan dapat dijual dengan harga yang lebih murah.

Ilustrasi virus Corona (Coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)Ilustrasi virus Corona (Coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)

Walaupun mengklaim software ini cukup akurat dan terjangkau, pencipta software ini masih belum berani mempublikasikan software ini dan menjadikannya sebagai alat deteksi virus corona.

Pasalnya, uji coba mendalam secara medis perlu dilakukan ke depannya untuk memastikan bahwa software deteksi virus corona dengan suara ini sangat ampuh.

Lebih lanjut, para ilmuwan ini mengaku optimis jikalau software pendeteksi virus corona ini dapat sangat berguna untuk mendeteksi orang yang positif virus corona.

Ilustrasi virus corona. (Pixabay)Ilustrasi virus corona. (Pixabay)

Penelitian mendalam terus dilakukan dengan cara mengumpulkan banyak sekali rekaman suara yang bisa digunakan oleh para ilmuwan untuk meningkatkan algoritma terkait penelitian ini.

Kalau nantinya software ini telah resmi ampuh untuk mendeteksi virus corona, tidak dapat dipungkiri bahwa temuan ini dapat digunakan untuk membantu dunia yang tengah dilanda virus corona.

Perlu penelitian mendalam untuk nantinya dapat memakai software yang bisa deteksi virus corona melalui suara ini. Jadi perlu bersabar ya.

Comments