Cahaya Terlalu Terang Bisa Bikin Bersin, Betulkah?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Cahaya Terlalu Terang Bisa Bikin Bersin, Betulkah?

Cahaya Terlalu Terang Bisa Bikin Bersin, Betulkah?

KEPONEWS.COM - Cahaya Terlalu Terang Bisa Bikin Bersin, Betulkah? Ada sejumlah hal yang bisa membuat seseorang bersin. Di antaranya adalah bulu hewan, debu, bumbu masak seperti merica dan masih banyak lagi. Udara dingin pun bisa jadi pemicu bersin.Bagaimana dengan p...

Ada sejumlah hal yang bisa membuat seseorang bersin. Di antaranya adalah bulu hewan, debu, bumbu masak seperti merica dan masih banyak lagi. Udara dingin pun bisa jadi pemicu bersin.

Bagaimana dengan paparan sinar matahari atau cahaya terang benderang dari lampu dan benda serupa lainnya?

Jawabannya adalah ya. Cahaya terang, baik yang dipaparkan oleh sinar matahari atau yang diekspos melalui sinar lampu mampu membuat seseorang bersin.

Seperti dijelaskan dalam situs Scientific American, Senin (26/12/2016), bersin yang disebabkan oleh paparan cahaya disebut photic sneeze reflex (PSR) atau autosomal dominant compulsive helioophthalmic outbursts of sneezing (ACHOO syndrome).

Namun, kepekaan pada paparan cahaya terang atau sinar matahari yang memicu bersin hanya terjadi pada sekitar 35 persen orang dari keseluruhan populasi dunia, jelas Roberta A. Pagon, profesor di university of Washington.

Mereka yang menderita kondisi ini pasalnya kerap mengalami kesulitan ketika menyetir kendaraan saat siang hari lantaran sinar matahari akan membuatnya bersin dan pengendalian terhadap kendaraannya pun terganggu.

Tidak hanya bagi para pengendara transportasi darat saja, pilot dengan kondisi PSR pun dinilai berbahaya dan memungkinkan kecelakaan terjadi apabila tidak terkontrol dan kendali tidak terpegang meski hanya beberapa detik saja.

Meski beberapa penelitian sudah dilakukan untuk mencari tahu alasan di balik kepekaan beberapa orang terhadap sinar atau cahaya terang yang membuat mereka bersin, sejauh ini temuan para ilmuwan hanya sebatas statistik jumlah orang yang teridentifikasi dengan kondisi tersebut, belum sampai ke tahap penemuan alasan di baliknya.

Cahaya Terlalu Terang Bisa Bikin Bersin, Betulkah?

Comments