Butuh 10-14 Hari Merawat Pasien Difteri

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Butuh 10-14 Hari Merawat Pasien Difteri

Butuh 10-14 Hari Merawat Pasien Difteri

KEPONEWS.COM - Butuh 10-14 Hari Merawat Pasien Difteri JAKARTA - Sebanyak 10 pengidap penyakit difteri masih menjalani perawatan di RS Sulianti Saroso, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Jumlah tersebut terdiri dari delapan pasien berada di ruang isolasi Mawar...

JAKARTA - Sebanyak 10 pengidap penyakit difteri masih menjalani perawatan di RS Sulianti Saroso, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Jumlah tersebut terdiri dari delapan pasien berada di ruang isolasi Mawar dan dua lainnya berada di ruang IGD.

"Delapan pasien yang dirawat terdiri dari lima orang anak-anak dan tiga lainnya dewasa. Mereka masuk waktunya berbeda-beda, ada yang baru masuk tapi juga ada yang sudah lama," ucap dokter yang menangani pasien difteri, dr. Dedet Hidayati, Sp.A, Jumat (8/12/2017).

Dedet mengatakan penanganan pasien difteri membutuhkan waktu lebih dari satu minggu hingga dinyatakan sembuh.

Namun lamanya pengobatan bisa semakin bertambah apabila kondisi pasien lebih buruk dari yang diperkirakan.

"Untuk pengobatan pasien difteri sesuai prosedur memakan waktu 10-14 hari dengan catatan tidak ada komplikasi. Kalau ada komplikasi bisa lebih dari dua minggu," ungkap Dedet.

Sepanjang tahun 2017 yang terhitung mulai bulan Januari hingga sekarang, setidaknya ada sebanyak 57 suspect pengidap penyakit difteri yang ditangani di RS Sulianti Saroso.

YLKI: Kalau Stok Gas Melon Langka di Pasar, Itu Tanda-tanda Subsidi Akan Dicabut

Jumlah itu terdiri dari 44 anak-anak dan 13 orang dewasa.

Sementara itu menurut salah satu orangtua pengidap penyakit difteri, IU (49) mengatakan anaknya, AN (8) sudah dirawat di RS Sulianti Saroso semenjak Sabtu (2/12) kemarin.

Ketika itu IU awalnya hanya menyangka anaknya sakit biasa.

"Sebelum dirawat di sini, anak saya demam tinggi dan batuk pilek sampai tiga hari. Tapi sempat turun panasnya, cuma nggak lama naik lagi. Pas diperiksa di rumah sakit dekat rumah, dokter yang merawat udah curiga kalau difteri," kata Isna.

Isna mengaku tidak menyangka anak satu-satunya tersebut menderita penyakit difteri.

Pasalnya selama ini anaknya tidak pernah kemana-mana dan lebih banyak di rumah. "Jadi galau juga kenanya dimana, di rumah apa di sekolahan," kata warga Citayam tersebut.

Penulis: Junianto Hamonangan

Butuh 10-14 Hari Merawat Pasien Difteri

Comments