Bus Hino RN 285: Menikmati Kemewahan dan Kenyamanan Perjalanan Tak Perlu yang Ber-CC Besar

Otomotif

News / Otomotif

Bus Hino RN 285: Menikmati Kemewahan dan Kenyamanan Perjalanan Tak Perlu yang Ber-CC Besar

Bus Hino RN 285: Menikmati Kemewahan dan Kenyamanan Perjalanan Tak Perlu yang Ber-CC Besar

KEPONEWS.COM - Bus Hino RN 285: Menikmati Kemewahan dan Kenyamanan Perjalanan Tak Perlu yang Ber-CC Besar JAKARTA - Bila Kamu pribadi penglaju, gemar naik bus malam antar kota untuk tujuan usaha, menengok keluarga atau sekadar pelesir ke banyak sekali kota, tentu tak akan menampik, ada fenomena menarik di...

JAKARTA - Bila Kamu pribadi penglaju, gemar naik bus malam antar kota untuk tujuan usaha, menengok keluarga atau sekadar pelesir ke banyak sekali kota, tentu tak akan menampik, ada fenomena menarik di dunia transportasi bus malam antarkota di Indonesia dalam lima tahun terakhir.

Fenomena itu tak lain merupakan serbuan bus-bus dengan spesifikasi premium di usaha transportasi darat.

Sejumlah brand dari pabrikan Eropa menyerbu pasar dengan memberikan chassis bus dengan kubikasi mesin mencapai 11.000 sampai 12.000 cc dengan tenaga di atas 350 horse power dan kaki-kaki yang memakai built in air suspension kepada pengusaha angkutan bus.

Terbukti, tawaran ini direspon positif. Sebagian pengusaha bus melakukan pembelian dan kemudian membawa unitnya ke karoseri.

Hadirnya chassis-chassis premium ini membuat kompetisi di transportasi bus malam semakin dinamis sekaligus menciptakan opportunity, peluang-peluang baru.

Konsumen pun kini mempunyai lebih banyak pilihan kelas layanan transportasi bus malam. Tidak hanya sebatas kelas eksekutif atau super eksekutif tapi juga kelas baru.

Hand over bus RN 285 Serah terima mock up kunci bus Hino RN 285 dan Hino AK 215 buatan Karoseri Tentrem oleh Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia Hiroo Kayanoki (ketiga dari kanan) dan Direktur Sales & Marketing HMSI Santika Wardoyo (kelima dari kanan) kepada Sugio Utomo, pendiri dan pemilik PO Harapan Jaya (keempat dari kanan) di booth Karoseri Tentrem di arena pameran otomotif GIIAS 2019, Sabtu (21/7/2019). Ikut menyertai prosesi ini, perwakilan dari Karoseri Tentrem, Malang.

Beberapa perusahaan otobus menamainya dengan sebutan berbeda. Ada perusahaan otobus yang menyebut kelas Eksekutif Plus, ada juga yang memberi nama Super Luxury karena menunjukkan layanan yang bisa membuat penumpang tidur selonjor di kabin bus di atas ayunan lembut suspensi udara.

Satu hal yang tak boleh dilupakan, layanan bus premium dengan chassis premium ini juga membutuhkan biaya perawatan armada yang tidak sedikit.

Konsekuensinya, tarif untuk penumpang juga tidak murah. Pengusaha harus jeli mengatur konfigurasi kursi, kelas layanan dan rute atau trayek armada agar bus premoium yang dioperasikan benar-benar memberikan keuntungan usaha jangka panjang dengan total cost ownership (TCO) yang tetap masuk akal.

Cukup Mesin 285 Horse Power

Melihat opportunity baru di usaha transportasi penumpang antarkota ini, Hino semenjak beberapa tahun 2015 lalu mulai mengontrodusir chassis bus baru yang memberikan kenyamanan yang lebih di perjalanan dengan menghadirkan Hino RN 285.

Comments