Burung Terbang Lebih dari 13.500 Km Tanpa Henti, Membuat Rekor Guinness Baru

Unik

Ragam / Unik

Burung Terbang Lebih dari 13.500 Km Tanpa Henti, Membuat Rekor Guinness Baru

Burung Terbang Lebih dari 13.500 Km Tanpa Henti, Membuat Rekor Guinness Baru

KEPONEWS.COM - Burung Terbang Lebih dari 13.500 Km Tanpa Henti, Membuat Rekor Guinness Baru Seekor godwit ekor belang berusia lima bulan baru-baru ini memecahkan rekor migrasi jarak jauh setelah terbang sejauh 13.560 kilometer tanpa henti selama 11 hari. Setiap musim gugur, jutaan burung yan...

Seekor godwit ekor belang berusia lima bulan baru-baru ini memecahkan rekor migrasi jarak jauh setelah terbang sejauh 13.560 kilometer tanpa henti selama 11 hari.

Setiap musim gugur, jutaan burung yang bermigrasi terbang ke langit untuk perjalanan yang panjang dan berbahaya untuk menghindari hawa dingin yang akan datang, mencari makan dan berkembang biak selama beberapa bulan ke depan.

Banyak dari mereka menempuh jarak yang mengesankan lebih dari 10.000 kilometer , tetapi tahun ini, seekor burung kecil melampaui semua ekspektasi terkait terbang jarak jauh, menempuh jarak 13.560 kilometer tanpa henti, dan mencetak rekor Guinness baru di proses. Dan itu semua karena jalan memutar yang tidak biasa yang dapat merenggut nyawa burung itu, mengingat perjalanan tanpa henti mendorong kapasitas terbangnya hingga batasnya.

Bulan lalu, godwit ekor belang muda spesies burung lahan basah lepas landas dari Alaska dalam perjalanan ke Selandia Baru untuk musim dingin, tetapi entah bagaimana, pada satu titik selama perjalanannya yang melelahkan, burung kecil itu mengambil jalan memutar kecil yang menambahkan tambahan 500 kilometer dari rencana perjalanan awalnya.

Itu sepertinya jarak yang kecil untuk ditempuh, mengingat rute normal akan membuatnya terbang sekitar 13.000 kilometer, tetapi sebenarnya itu merupakan perbedaan yang signifikan yang dapat berakibat fatal.

Burung penciduk ekor pendek dan burung kambing dapat hinggap di air dan mencari makan, kata Eric Woehler dari Birdlife Tasmania kepada ABC News. Bila godwit mendarat di air, itu mati. Ia tidak mempunyai jaring di kakinya, ia tidak mempunyai cara untuk keluar dari air. Jadi jikalau jatuh ke air karena kelelahan, kalau cuaca buruk memaksanya ke permukaan laut, itu saja.

Para ilmuwan dapat melacak rekor penerbangan godwit dengan bantuan pelacak kecil yang beratnya hanya 5 gram. Kemajuan teknologi telah memungkinkan para peneliti untuk melacak spesies burung sekecil itu tanpa membahayakan mereka, karena menambahkan bobot apa pun yang signifikan pada makhluk yang beratnya hanya antara 300 dan 400 gram dapat membahayakan nyawanya.

Menempatkan tag satelit pada albatros yang beratnya lima kilo atau lebih merupakan satu hal, tetapi merupakan cerita yang sama sekali berbeda dalam hal teknologi dan etika untuk memasang pelacak pada burung yang beratnya hanya 300 atau 400 gram, kata Dr. Woehler .

Data yang tercatat menunjukkan bahwa godwit ekor belang berusia lima bulan lepas landas pada 13 Oktober dari lahan basah Delta Yukon Kuskokwim di Alaska, mengikuti rute reguler melintasi Samudra Pasifik ke Kaledonia Baru dan melalui Laut Tasman, sebelum membuat belokan 90 derajat yang tidak terduga yang membuatnya mengarah ke Tasmania daripada Selandia Baru.

Dr. Woehler memperkirakan bahwa burung itu kehilangan setengah atau lebih dari berat tubuhnya, selama penerbangan terus-menerus selama 11 hari, tetapi burung itu berhasil mencapai daratan kering dengan aman, menetapkan rekor Guinness baru untuk penerbangan burung jarak jauh. Rekor sebelumnya telah ditetapkan pada tahun 2020 oleh godwit berekor lainnya yang telah menempuh jarak 12.000 km dalam 11 hari.

Menariknya, para ilmuwan belum memahami bagaimana burung seperti godwit berekor belang dapat menavigasi jarak yang begitu jauh tanpa henti dan tanpa tersesat.(yn)

Sumber: odditycentral

Comments