Bupati Usul Kabupaten Natuna Dijadikan Provinsi Khusus

Nasional

News / Nasional

Bupati Usul Kabupaten Natuna Dijadikan Provinsi Khusus

Bupati Usul Kabupaten Natuna Dijadikan Provinsi Khusus

KEPONEWS.COM - Bupati Usul Kabupaten Natuna Dijadikan Provinsi Khusus Laporan Wartawan Tribunnews, Rina Ayu JAKARTA Bupati Kabupaten Natuna Abdul Hamid Rizal mengusulkan kepada pemerintah pusat agar wilayah Kabupaten Natuna dan Anambas menjadi provinsi Khusus. Usul ters...

Laporan Wartawan Tribunnews, Rina Ayu

JAKARTA Bupati Kabupaten Natuna Abdul Hamid Rizal mengusulkan kepada pemerintah pusat agar wilayah Kabupaten Natuna dan Anambas menjadi provinsi Khusus.

Usul tersebut sebagai sikap menanggapi adanya laporan aktivitas kapal China di perikanan di Zona Ekonomi Langsung Indonesia Wilayah Laut Natuna Utara.

"Mengusulkan kepada Pemerintah Pusat, agar supaya memperkuat/meningkatkan kedudukan pemerintahan di wilayah Kabupaten Natuna dan Anambas," kata Abdul Hamid dalam keterangan tertulisnya Sabtu (4/1/2019).

Abdul merujuk, pada aturan Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 perihal Pemerintahan Daerah bahwa pemerintah kabupaten/kota tidak mempunyai kewenangan terhadap perairan laut sehingga tidak bisa berbuat banyak dalam menjaga dan mengelola wilayah perairan Natuna.

Diklaim China, Bupati Natuna Dukung TNI Pamer Kekuatan Militer di Laut Natuna

"Dengan dijadikannya Natuna sebagai Provinsi khusus maka akan meningkatkan kewenangan dan kemampuan dalam menjaga,mengelola dan turut serta mengawal wilayah pantai dan laut di Natuna khususnya wilayah perbatasan yang saat ini merupakan kewenangan Provinsi Kepulauan Riau," lanjut dia.

Ia juga menyokong sikap TNI dan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia untuk menggelar kekuatan yang lebih besar lagi di Wilayah Natuna.
agar bisa memantau, mencegah dan menangkal setiap upaya gangguan kedaulatan terhadap Wilayah Republik Indonesia di Laut Natuna Utara.

Abdul menyatakan, masyarakat dan pemerintahan kabupaten Natuna siap mempertahankan NKRI di Natuna.

"Dengan segala kemampuan dan sumber daya yang ada, Pemerintah Kabupaten Natuna beserta warga masyarakat siap sedia mempertahankan kedaulatan NKRI di Natuna," tutur Abdul Hamid

Bupati Usul Kabupaten Natuna Dijadikan Provinsi Khusus

Comments