Bunga yang Terlihat Indah Ini Ternyata Dapat Dikonsumsi

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Bunga yang Terlihat Indah Ini Ternyata Dapat Dikonsumsi

Bunga yang Terlihat Indah Ini Ternyata Dapat Dikonsumsi

KEPONEWS.COM - Bunga yang Terlihat Indah Ini Ternyata Dapat Dikonsumsi JAKARTA - Bunga kini tidak lagi hanya sekadar alat penghias ruangan, namun beberapa bunga ini ternyata layak dikonsumsi. Di Indonesia ada beberapa bunga jenis bunga malah sudah lama dapat dikonsumsi....

JAKARTA - Bunga kini tidak lagi hanya sekadar alat penghias ruangan, namun beberapa bunga ini ternyata layak dikonsumsi. Di Indonesia ada beberapa bunga jenis bunga malah sudah lama dapat dikonsumsi.

Penggiat edible flowers, Eva Lasti Apriyani Madarona, mengatakan, jenis-jenis bunga di bawah ini sudah lama dijadikan bahan makanan dan minuman.

"Sebut saja pohon turi (Sesbania grandiflora L.), bunga pohon pepaya (Carica papaya L.), bunga telang (Clitoria ternatea), bunga mawar (Rosa gallica officinalis), bunga kenikir (Cosmos caudatus) dan bunga kertas (Zinnia elegans)," tuturnya.

Wanita yang dijuluki Ratu edible flowers ini mengaku, mempelajari budidaya sayuran dengan cara hidroponik semenjak tahun 2013.

Kue berbahan dasar bunga

Bikin Cemilan Weekend, Yuk Masak Apple Bread Pudding Saja

Kita dapat belajar dan melakukan apapun yang menjadi passion (ketertarikan yang kuat) kita, asalkan kita mau melakukannya dengan tekun. Satu-satunya kendala yang harus kita lawan merupakan 'malas kata Eva.

Sebagai penggagas budidaya edible flower di Indonesia, Eva mengingatkan tidak semua bunga dapat atau layak dikonsumsi. Ada persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, mulai dari jenis tanaman, bebas pestisida sampai cara budidaya.

"Ini agak sulit karena kunci kita kan di komitmen untuk benar-benar aman dari residu racun pestisida. Kalau kita enggak awasin sendiri khawatir enggak terpenuhi komitmennya itu, imbuhnya.

Menurut Eva, budidaya edible flower tidak membutuhkan banyak ruang, sehingga banyak diminati hobbies. Bahkan bisa ikut membantu program pemerintah dalam pengembangan urban farming.

(kem)

Comments