Bule asal Inggris ini fasih berbahasa Jawa, 30 tahun jadi guru gamelan

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Bule asal Inggris ini fasih berbahasa Jawa, 30 tahun jadi guru gamelan

Bule asal Inggris ini fasih berbahasa Jawa, 30 tahun jadi guru gamelan

KEPONEWS.COM - Bule asal Inggris ini fasih berbahasa Jawa, 30 tahun jadi guru gamelan Indonesia memang kaya akan budaya. Dari Sabang sampai Merauke bisa kalian temukan kesenian unik di setiap daerah. Banyaknya budaya ini menjadi ciri khas Indonesia. Salah satunya merupakan kesenian gam...

Indonesia memang kaya akan budaya. Dari Sabang sampai Merauke bisa kalian temukan kesenian unik di setiap daerah. Banyaknya budaya ini menjadi ciri khas Indonesia. Salah satunya merupakan kesenian gamelan Jawa.

Dan ternyata, orang asing suka dengan kenikmatan suaranya. Di Southbank Centre, Inggris bahkan mahasiswa dan warga yang mempelajari gamelan Jawa. Salah satu orang yang mempopulerkan gamelan merupakan Peter William Hendrik Smith.

Peter lama mempelajari gamelan jawa, dan pernah tinggal beberapa tahun di Solo. Tak heran bila bule ini sangat mahir berbahasa jawa, termasuk ketika diwawancarai.

Beberapa hari ini, ia berada di Yogyakarta untuk menghadiri Festival Kesenian Yogyakarta (FKY). Ia mengajak serta murid-muridnya untuk tampil memainkan gamelan jawa.

Seperti apa sih sosok Peter ini? Di kalangan teman-temannya ia dikenal dengan nama Parto. Sehingga ketika memperkenalkan diri ia menyebut namanya Parto. Berikut beberapa fakta tentangnya.

1. Perkenalannya dengan gamelan Jawa karena ikut membongkar kiriman gamelan di kampusnya.


foto:

Parto dulunya mahasiswa jurusan musik. Ketika berlatih piano, ruangan sebelah ternyata dipakai untuk gamelan Jawa. Parto ketika itu ikut membantu menata peralatan gamelan. Dia langsung jatuh cinta karena ukiran dan perunggunya yang masih baru. Penasaran dengan suaranya, Parto jatuh cinta dengan gamelan. Berbeda dengan piano, katanya bermain gamelan dengan teman-teman membuat Parto ingin mendalami dunia ini.

2. Masakan desa jadi kesukaan Parto.


foto:

Patro sudah tidak asing dengan masakan desa. Di Solo, dia tinggal di Ngasinan, Jebres. Patro suka dengan aneka sambal Indonesia. Sambal pete, jengkol dan kepala sudah sering disantapnya. Di Solo ia biasa tinggal di Ngasinan, Jebres.

3. Bagi Patro, gamelan bisa jadi sarana meditasi.


foto:

Lagu gending jawa seperti Ayo Praon dan Rondo Kempling nikmat didengar. Orang-orang Inggris mendengar gamelan Jawa berkomentar lagunya bisa bikin rileks. Biasanya lagu gamelan cocok untuk semedi.

4. Punya 30 tahun pengalaman mengajar Gamelan.


foto:

Di Inggris sudah banyak yang belajar perihal gamelan. Tercatat ada 100 gamelan Jawa, 5 gamelan Bali, dan 2 gamelan Sunda. Dia bahkan membawa 100 muridnya ke Indonesia untuk unjuk gigi memainkan gamelan Jawa. Wah, populer juga ya kesenian gamelan Indonesia.

5. Berpesan agar generasi muda jadi penerus kesenian gamelan.


foto:

Anak muda ternyata juga antusias mendalami kesenian gamelan. Tidak sedikit anak muda ikut berperan dalam pementasan. Patro beberapa kali menghadiri acara gamelan jawa dan seperti di Borobudur, dilakoni oleh anak muda. Di Inggris sana, banyak juga anak muda Indonesia yang ikut mengikuti latihan di kampus Patro.

Silahkan tonton videonya di sini:

(nng)

Comments