Bukti TNI Jauh Lebih Kuat Daripada Armada Militer Israel

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Bukti TNI Jauh Lebih Kuat Daripada Armada Militer Israel

Bukti TNI Jauh Lebih Kuat Daripada Armada Militer Israel

KEPONEWS.COM - Bukti TNI Jauh Lebih Kuat Daripada Armada Militer Israel Tak perlu diragukan lagi kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai salah satu kekuatan militer terbesar di dunia. Ada beberapa hal yang membuktikan kalau TNI jauh lebih kuat dari sejumlah nega...

Tak perlu diragukan lagi kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai salah satu kekuatan militer terbesar di dunia. Ada beberapa hal yang membuktikan kalau TNI jauh lebih kuat dari sejumlah negara yang justru dianggap lebih kuat.

Dalam data yang dikutip VIVA Militer dari Global Firepower, saat ini TNI menduduki posisi ke-16 sebagai negara dengan militer terkuat di dunia, dengan indeks kekuatan (Power Index) 0,2544.

Dengan posisi itu, Indonesia jadi negara dengan kekuatan militer terbesar di Asia Tenggara dan yang ke-7 di Asia.

Kalau melihat total populasi sebanyak 267,8 juta penduduk, kekuatan pasukan yang tersedia mencapai 48,8 persen dari jumlah keseluruhan penduduk.

VIVA Militer: Prajurit Kopassus

Global Firepower juga mencatat bahwa saat ini TNI mempunyai total personel sebanyak 800 ribu prajurit, atau 0,3 persen dari total populasi. Jumlah tersebut terdiri dari 400 ribu personel aktif, dan 400 ribu lainnya ialah pasukan cadangan.

Dengan kekuatan personel yang dimiliki, TNI ternyata jauh lebih kuat kalau dibandingkan dengan negara maju sekelas Israel. Seperti yang diketahui, Tentara Pertahanan Israel (IDF) disebut sebagai salah satu armada militer terkuat di dunia.

Kalau mengandalkan kekuatan personel, sepertinya Tentara Pertahanan Israel tak ada apa-apanya. Pasalnya, dalam data lain yang dikutip VIVA Militer dari Global Firepower menunjukkan bahwa Israel hanya mempunyai 615 ribu personel, atau 7,3 persen dari total populasi yang hanya 8,4 juta.

Tak hanya itu, Tentara Pertahanan Israel juga hanya mempunyai 170 ribu personel yang aktif. Kementerian Pertahanan Israel rupanya lebih memilih mencadangkan banyak pasukannya. Tercatat, personel cadangan Israel lebih besar dari pada personel aktif, adalah sebanyak 445 ribu prajurit.

Comments