Bukan Perkasa, Konsumsi Telur Ayam Kampung Mentah Bikin Pria Loyo

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Bukan Perkasa, Konsumsi Telur Ayam Kampung Mentah Bikin Pria Loyo

Bukan Perkasa, Konsumsi Telur Ayam Kampung Mentah Bikin Pria Loyo

KEPONEWS.COM - Bukan Perkasa, Konsumsi Telur Ayam Kampung Mentah Bikin Pria Loyo Telur ayam kampung dikenal banyak orang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dan karena yakin telur ayam kampung memiiki kandungan gizi yang baik, kebanyakan orang mengonsumsinya dalam keadaan mentah. M...

Telur ayam kampung dikenal banyak orang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dan karena yakin telur ayam kampung memiiki kandungan gizi yang baik, kebanyakan orang mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

Mitos mengenai telur ayam kampung banyak beredar di masyarakat. Bahkan banyak yang yakin, telur ayam kampung bisa jadi pembangkit stamina pria di ranjang. Benarkah demikian?

Lewat tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Spesialis Gizi Klinik, DR dr Samuel Oetoro, MS,SpGK(K), membeberkan mitos dan fakta wacana telur ayam kampung. Berikut pemaparannya:

Proteinnya tinggi

Kalau dibandingkan dengan telur ayam ras, telur ayam kampung diakui oleh Samuel, kandungan makronutriennya tak jauh berbeda. Namun, proses pembentukannya telur ayan kampung dipengaruhi oleh makanan induknya yang beragam. Karena ayam kampung mengonsumsi makanan yang beragam,kandungan proteinnya diyakini lebih tinggi.

"Kalau ternak ras kan, makanannya itu-itu saja. Kalau ayam kampung makanannya beragam, jadi zat gizinya juga beragam, sehingga ayam kampung proteinnya lebih tinggi," ujar Samuel.

Konsumsi telor ayam kampung mentah bisa jadi zat antikanker

Mengenai hal ini, Samuel menyatakan mitos. Alasannya adalah, menangani masalah kanker tidak bisa hanya dari satu aspek saja.

"Kandungan di dalam telur tidak menunjang untuk penyembuhan kanker, penelitiannya juga tidak ada, ujarnya.

Ilustrasi telur.
Kolesterol Tinggi

Sama seperti pada ayam ras, kolesterol telur ayam kampung hanya ada di kuning telurnya saja. Dalam satu butir kuning telur, mengandung 180-200 miligram kolesterol.

"Jadi kalau untuk tubuh yang sehat, idealnya boleh konsumsi kolesterol hanya 300 miligram per hari, tapi hati-hati jikalau ditambah dengan kolesterol dari makanan lain. Ini bisa lebih dari 300 miligram," kata Samuel.

Samuel juga mengingatkan, wanita yang sudah memasuki masa menopause, sebaiknya hati-hati mengonsumsi kuning telur. Akan lebih baik, mengonsumsi putih telurnya saja.

Telur ayam/Ilustrasi.

Konsumsi Telur Ayam Kampung Mentah Sehat Sih, Tapi Amankah?

Air kelapa.

Ibu Hamil Konsumsi Air Kelapa Hijau Bikin Bayi Lahir Bersih, Benarkah?

Ilustrasi kelapa hijau.

Khasiat Super Air Kelapa Hijau, Bisa Atasi Banyak sekali Penyakit?

Menyehatkan jantung

"Ini mitos. Kalau konsumsi sama kuningnya bukan menyehatkan jantung, tapi bisa terjadi penyumbatan pembuluh darah jantung, kecuali dia hanya makan putih telurnya saja," ucap Samuel.

Meningkatkan stamina pria

Diakui Samuel, ini hanyalah mitos. Biasanya, kebanyakan pria mengonsumsi minuman susu, telur, madu dan jahe atau STMJ. Biasanya dibuat dalam gelas, telur ayam kampung mentah diaduk ditambah susu, madu dan jahe.

"Biasanya setelah minum terasa sehat. Rasanya badannya segar, panas. Sebenarnya badan segar didapat dari lemak kuning telur. Ini membangkitkan energi. Tapi jangan salah, di malam hari bukannya bikin pria perkasa, justru akan terjadi sumbatan pembuluh darah di banyak sekali tempat termasuk di organ intim. Jadi malah bikin layu," tutur Samuel.

Kualiats sperma meningkat

Mengenai hal ini, Samuel meyakini ialah fakta. Asal, makan telurnya hanya putihnya saja. "Kuning telurnya jangan dimakan. Satu minggu, satu kuning telur boleh. Yang penting putih telurnya. Ini bisa membuat sperma gerakannya akan lebih bagus," katanya.

Tapi Samuel mengingatkan, putih telur yang dikonsumsi harus dalam keadaan matang. "Jangan mentah," tegasnya.

Telur mentah baik dikonsumsi?

Samuel memaparkan, akan lebih baik telur dikonsumsi dalam keadaan matang. Alasannya adalah, protein dalam telur mentah akan sangat sulit dicerna. Jikalau terlalu sering mengonsumsi telur ayam kampung mentah bisa menyebabkan terjadinya defisiensi vitamin B12 yang penting bagi tubuh.

"Rasanya memang enak, tapi dibanding manfaatnya lebih banyak jahatnya," ujar dia. (rna)

Comments