Bukan Motor Hantu, Teknologi BMW Mungkinkan Motor Otonom

Otomotif

News / Otomotif

Bukan Motor Hantu, Teknologi BMW Mungkinkan Motor Otonom

Bukan Motor Hantu, Teknologi BMW Mungkinkan Motor Otonom

KEPONEWS.COM - Bukan Motor Hantu, Teknologi BMW Mungkinkan Motor Otonom LAS VEGAS - Teknologi otonom atau berjalan tanpa campur tangan manusia memang tengah ramai dikembangkan produsen mobil. Tak mau kalah BMW Motorrad juga melakukan pengembangan teknologi yang sama. Di a...


LAS VEGAS - Teknologi otonom atau berjalan tanpa campur tangan manusia memang tengah ramai dikembangkan produsen mobil. Tak mau kalah BMW Motorrad juga melakukan pengembangan teknologi yang sama.

Di ajang pameran Customers Electronic Show (CES), BMW kembali memamerkan hasil pengembangan teknologi otonomnya. Dalam uji pamer tersebut, motor R1200GS memperlihatkan kemampuannya berjalan sendiri tanpa pengendara yang mengendalikan motor tersebut.

Uniknya BMW juga berhasil melakukan teknologi yang cukup sulit, adalah sistem yang bisa menyeimbangkan bobot sepeda motor untuk tetap stabil saat berjalan maupun tengah diam.

Meski produsen BMW tidak mengungkap kelebih teknologi yang dimiliknya tersebut, sistem kerja otonom pada motor BMW kuat diperkirakan sama seperti yang terdapat pada mobil adalah memakai sejumlah kamera giroskop dan radar untuk mengoperasikan sepeda motor.

Produsen BMW sendiri tak akan meluncurkan motor berteknologi otonom ini kepada konsumen. Namun teknologi otonom yang dimiliki BMW saat ini tak lebih sebagai salah satu pengembangan untuk menghadirkan teknologi keamanan baru pada sepeda motor.

Sistem seperti kendali jelajah adaptif, bantuan rem, ABS, komunikasi antar kendaraan, dan bahkan kontrol traksi dapat, karenanya, dikembangkan berkat data yang dikumpulkan oleh sistem GS yang dikendarai sendiri dan interaksinya dengan kendaraan lain.

Dengan teknologi otonom dimana motor berjalan sendiri, bagi beberapa orang mungkin mengira tunggangan tersebut sebagai motor hantu.

(muf)

Loading...

Comments