Bukan Jago Kandang, Penjualan Xiaomi di Tempat Asalnya Jeblok

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Bukan Jago Kandang, Penjualan Xiaomi di Tempat Asalnya Jeblok

Bukan Jago Kandang, Penjualan Xiaomi di Tempat Asalnya Jeblok

KEPONEWS.COM - Bukan Jago Kandang, Penjualan Xiaomi di Tempat Asalnya Jeblok Xiaomi Mi 8 Pro dengan In-Display Fingerprint Scanner. (Mi.com) Secara global, penjualan smartphone Xiaomi mengalami kenaikan karena laris di banyak sekali negara. Namun di tempat asalnya, China meng...

Xiaomi Mi 8 Pro dengan In-Display Fingerprint Scanner. (Mi.com)

Secara global, penjualan smartphone Xiaomi mengalami kenaikan karena laris di banyak sekali negara. Namun di tempat asalnya, China mengalami penjualan yang menyedihkan.

Nampaknya Xiaomi bukan jago sangkar, karena di China penjualan mereka tidak secemerlang area lainnya.

Menurut hasil riset IDC pada kuartal III / 2018, terdapat beberapa vendor smartphone yang mengalami penurunan penjualan.

Penjualan samrtphone Apple, menurun 19,9 persen bila dibandingkan dengan penjualan produk di periode yang sama di tahun sebelumnya.

Tapi, catatan Apple tersebut rupanya lebih baik ketimbang Xiaomi. Kendati berstatus sebagai tuan rumah, pabrikan berbasis di China itu tidak bisa meningkatkan penjualan mereka di 3 bulan terakhir tahun 2018.

Xiaomi Mi 8 Lite. (Xiaomi)Xiaomi Mi 8 Lite. (Xiaomi)

Bahkan, penjualan mereka anjlok 34,9 persen karena hanya berhasil menjual 10,3 juta unit smartphone saja.

Sedangkan vendor yang menguasai pasar smartphone di Negeri Tirai Bambu ditempati oleh Huawei dengan kenaikan penjualan 23,3 persen dan market share 29 persen.

Sedangkan Oppo, Vivo, Apple serta Xiaomi menguntit di posisi kedua hingga kelima.

''Di antara lima vendor terbesar itu, Huawei ialah juara terbesar di pasar domestik,'' sebut IDC seperti dilansir dari Caixing Global, Selasa (12/2/2019).

Menurut analisa IDC, anjloknya penjualan smartphone Xiaomi dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk penyesuaian model produk dan masalah internal perusahaan.

Akankan penjualan smartphone Xiaomi akan bergerak ke arah positif di 2019 ini? (Tivan Rahmat).

Comments