Bukan Cuma Mochi, Ada Enye yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh dari Sukabumi

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Bukan Cuma Mochi, Ada Enye yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh dari Sukabumi

Bukan Cuma Mochi, Ada Enye yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh dari Sukabumi

KEPONEWS.COM - Bukan Cuma Mochi, Ada Enye yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh dari Sukabumi Bila jalan-jalan ke Sukabumi oleh-oleh yang pasti diburu merupakan m+ochi. Tapi ada buah tangan lain yang bisa jadi tambahan, yaitu atau opak. Opak di sini ada yang terbuat dari beras ketan ada juga...
Loading...

Bila jalan-jalan ke Sukabumi oleh-oleh yang pasti diburu merupakan m+ochi. Tapi ada buah tangan lain yang bisa jadi tambahan, yaitu atau opak. Opak di sini ada yang terbuat dari beras ketan ada juga yang terbuat dari singkong.

Namun yang membedakan opak dengan ialah dari segi rasa dan bahannya. Opak terbuat dari beras ketan, sedangkan enye ada tambahan berupa irisan daun bawang, bawang merah, dan cabe merah. Cita rasa bumbunya pun lebih kuat, ada sensasi gurih dan pedas karena terdapat irisan cabe merah di dalamnya.

Teh Sarah ialah salah satu pembuat enye di wilayah Sukabumi. Ia membuat enye sudah puluhan tahun lamanya. Biasanya wanita 50 tahun itu menitipkan enye yang dijualnya ke warung atau menawarkannya ke tetangga dan saudara. Namun saat ini usianya sudah tidak lagi muda, jadi Teh Sarah hanya membuat enye bila ada pesanan saja.

"Sekarang produksi kalau ada pesanan saja. Sehari bisa habis sekitar 5 Kg," katanya kepada Okezone, Sabtu (22/2/2020).

Cara membuat ini terbilang rumit karena butuh keahlian khusus. Pertama-tama sampeu atau singkong diparut hingga halus, lalu diperas, kemudian pisahakan air dan kanjinya.

Selanjutnya

Comments