Bukan Cuma Makan atau Minum, Beberapa Hal Ini Dapat Batalkan Puasa Lho

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Bukan Cuma Makan atau Minum, Beberapa Hal Ini Dapat Batalkan Puasa Lho

Bukan Cuma Makan atau Minum, Beberapa Hal Ini Dapat Batalkan Puasa Lho

KEPONEWS.COM - Bukan Cuma Makan atau Minum, Beberapa Hal Ini Dapat Batalkan Puasa Lho Saat berpuasa di bulan Ramadhan, umat Muslim tidak hanya harus menahan rasa lapar dan haus. Namun, orang yang berpuasa juga harus menahan hawa nafsunya....

Saat berpuasa di bulan Ramadhan, umat Muslim tidak hanya harus menahan rasa lapar dan haus. Namun, orang yang berpuasa juga harus menahan hawa nafsunya.

Pasalnya, ketika mereka tidak bisa melawan hawa nafsunya, ini dapat membatalkan puasa yang dijalankannya. Untuk itu, penting menghindari banyak sekali hal yang dapat membuat puasa menjadi batal.

Lantas sebenarnya apa saja sih perbuatan yang dapat membuat puasa menjadi batal? Mengutip NU Online, berikut beberapa perbuatan yang dapat membatalkan puasa.

1. Memasukkan sesuatu ke dalam tubuh

Kelakar Ketum PBNU soal Larangan Bukber Pejabat: Saya Paling Takut Diundang Buka Puasa Bersama

Dalam hal ini tidak hanya sesuatu yang masuk mulut. Namun, banyak sekali hal yang secara sengaja masuk ke dalam tubuh melalui lubang mulut, hidung, indera pendengaran, dan lainnya dapat membatalkan puasa. Jikalau hal tersebut tidak sengaja baru puasa yang dijalankan masih sah.

Ilustrasi puasa Ramadhan - keutamaan puasa Ramadhan 10 hari pertama (Freepik)Ilustrasi puasa Ramadhan (Freepik)

2. Memasukkan obat

Obat juga bisa membuat puasa menjadi batal. Memasukkan obat melalui qubul (lubang bagian depan) atau dubur (lubang bagian belakang), dapat membuat puasa yang dijalankan menjadi batal.

3. Muntah dengan sengaja

Seseorang yang muntah disengaja dapat membuat puasa yang dijalankannya menjadi batal. Namun, kalau orang tersebut muntah tanpa disengaja maka itu tidak akan batal. Meski demikian, muntahan yang tidak disengaja itu tidak ditelan kembali.

Jadwal Buka Puasa Kota Bandar Lampung Jumat 24 Maret 2023

Ilustrasi pasangan bercinta (Freepik/prostooleh)Ilustrasi pasangan bercinta (Freepik/prostooleh)

4. Berhubungan seks saat siang hari

Seseorang yang berhubungan seks di siang hari dapat membuat puasanya menjadi batal. Perlu diketahui, mereka yang berhubungan seks saat puasa akan dikenakan denda (kafarat). Denda tersebut berupa melakukan puasa (di luar Ramadhan) selama dua bulan berturut-turut. Kalau tidak maka ia harus memberi makan satu mud (NULL,6 kg beras atau liter beras) kepada 60 fakir miskin.

5. Keluar air mani karena sentuhan kulit

Keluarnya air mani dapat menyebabkan puasa menjadi batal. Maksud hal ini yaitu karena onani atau mastrubasi, bersentuhan dengan lawan jenis tanpa berhubungan seksual. Namun, jikalau air mani keluar karena mimpi basah, maka itu tidak membuat puasa batal.

6. Haid atau nifas

Wanita yang mengalami haid atau nifas di siang hari dapat membuat puasanya menjadi batal. Alasannya adalah itu, para wanita yang mengalami haid atau nifas harus mengganti puasanya setelah Ramadhan usai.

7. Alami gangguan jiwa

Orang yang sedang berpuasa lalu alami gangguan jiwa, maka puasanya akan menjadi batal. Sementara orang tersebut harus mengqadha puasanya bila kondisinya sudah sembuh kembali.

8. Murtad

Melakukan hal-hal yang bisa membuat dirinya murtad seperti menyekutukan Allah swt atau mengingkari hukum-hukum syariat yang telah disepakati ulama (mujma alaih), maka puasanya batal.

Comments