Buat Taman di Rumah, Begini Tips Menghemat Budget

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Buat Taman di Rumah, Begini Tips Menghemat Budget

Buat Taman di Rumah, Begini Tips Menghemat Budget

KEPONEWS.COM - Buat Taman di Rumah, Begini Tips Menghemat Budget JAKARTA - Mempunyai sentuhan alam di rumah tentunya membuat rileks dan menenangkan. Hal ini juga akan membebaskan diri dari stres karena sibuk beraktivitas. Selain bermanfaat menambah keindahan pada r...

JAKARTA - Mempunyai sentuhan alam di rumah tentunya membuat rileks dan menenangkan. Hal ini juga akan membebaskan diri dari stres karena sibuk beraktivitas. Selain bermanfaat menambah keindahan pada rumah, tanaman juga dapat membantu mengurangi polusi dan pencemaran udara. Hal Ini dapat mempengaruhi kualitas udara di sekitar rumah.

Dengan adanya taman, rumah akan menjadi lebih indah dan asri. Melihat taman atau pekarangan dengan tatanan yang baik dan indah tidak hanya menyegarkan mata. Tentu akan memberikan perasaan bahagia dan segar karena seakan-akan menyatu dengan alam.

Namun, beberapa pemilik rumah ragu untuk membuat taman di rumah. Karena takut akan menghabiskan banyak biaya. Tetapi jangan khawatir, dilansir dari Home Design, Selasa (5/1/2021) berikut beberapa tips menghemat biaya membuat taman.

5 Usaha yang Tetap Cuan Selama Covid-19

Tata ulang taman yang ada

Jikalau sudah mempunyai taman di rumah, maka perbaiki dan tata ulang. Lihatlah sekeliling halaman, periksa tanaman dan pepohonan apa yang ada. Lestarikan dan rawat, daripada membeli lagi. Hal ini bisa untuk mengurangi biaya pembuatan. Gunakan barang-barang bekas yang masih bisa digunakan untuk dijadikan pot atau hiasan.

Rencanakan dengan baik

Cara lain untuk menghemat biaya merupakan dengan membuat rencana. Rencanakan semuanya dengan baik sebelum membeli bahan dan barang yang diharapkan. Dengan adanya rencana, semuanya bisa dianggarkan. Sehingga pengeluaran biaya bisa di kontrol.

rumah

Tentukan desainnya

Ingin mempunyai taman dengan konsep sederhana, mewah, modern, atau tradisional. Memilih jenis desain akan membantu mengumpulkan apa yang dibutuhkan.

Pada akhirnya, bila konsep sudah ditetapkan, akan menghemat budget karena sudah mengetahui apa saja yang akan dibeli. Artinya selamat dari membeli barang yang tidak akan digunakan.

Beli tanaman pada waktu yang tepat

Di momen-momen tertentu, harga tanaman bisa menjadi lebih murah. Bisa jadi saat musim panas, tanaman cenderung akan cepat kering, penjual bisa menjualnya dengan harga lebih miring untuk menghindari tanaman mati.

Selain membeli tanaman, bisa juga mengecek sumber lain yang memberi bibit tanaman gratis. Biasanya dari instansi pemerintah. Ada juga kelompok lokal yang memberikan bibit secara gratis untuk mendorong penanaman. Hal ini akan membantu menghemat uang.

Comments