Buat Inovasi Toilet di Masa Depan, Bill Gates Pamer Tinja

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Buat Inovasi Toilet di Masa Depan, Bill Gates Pamer Tinja

Buat Inovasi Toilet di Masa Depan, Bill Gates Pamer Tinja

KEPONEWS.COM - Buat Inovasi Toilet di Masa Depan, Bill Gates Pamer Tinja Nano Membrane. (youtube/CranfieldUni) Bill Gates memang selalu muncul dengan inovasi gila yang sukses membuat banyak orang geleng-geleng kepala. Baru-baru ini ia malah pamer tinja manusia demi memper...


Nano Membrane. (youtube/CranfieldUni)

Bill Gates memang selalu muncul dengan inovasi gila yang sukses membuat banyak orang geleng-geleng kepala. Baru-baru ini ia malah pamer tinja manusia demi memperkenalkan toilet di masa depan yang akan jadi inovasi terbaru buatannya.

Dalam dunia teknologi, nama Bill Gates memang sudah tidak asing lagi. Pendiri Microsoft ini sukses menjadi salah satu tokoh paling disegani dalam dunia teknologi dan berita.

Beberapa inovasi karyanya bahkan sukses menguasai pasar teknologi. Kali ini, bukannya memamerkan inovasi yang mutakhir dan membuat kagum, Bill Gates melakukan hal unik dengan pamer tinja.

Dalam gelaran Reivented Toilet Expo, Bill Gates mengangkat sebuah toples berisi tinja manusia di depan para mahasiswa di Beijing, Cina.

Nano Membrane. (youtube/CranfieldUni)Nano Membrane. (youtube/CranfieldUni)

Toples berisi tinja manusia ini menjadi pengantar sebagai penjelasan Bill mengenai proyek baru yang segera ia luncurkan yaitu, toilet masa depan.

Bill Gates berencana mengganti sanitasi di seluruh dunia dengan memakai toilet tanpa air. Menurutnya, air berisi banyak virus, parasit, dan kuman yang tidak baik untuk kesehatan dan tubuh manusia.

Dirinya memaparkan kalau setoples tinja yang ia bawa ini mengandung 200 triliun rotavirus, 20 miliar bakteri shigella, dan 100.000 telur cacing parasit.

Dilansir dari BBC News, proyek dengan tinja ini sudah menjadi salah satu proyek penting yang disiapkan oleh Bill dan Melinda Gates Foundation semenjak 2011 lalu.

Nano Membrane. (youtube/CranfieldUni)Nano Membrane. (youtube/CranfieldUni)

Yayasan ini hingga kini sudah menyumbang 200 juta dollar AS sebagai usaha untuk mengembangkan toilet yang digunakan tanpa air, tanpa saluran pembuangan, atau bahkan listrik.

Toilet masa depan ini akan membuang bakteri dan kotoran manusia dengan biaya operasional kurang dari lima sen atau setara dengan Rp 700 per hari.

Ide gila ini merujuk pada hasil penelitian Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan bahwa setidaknya ada dua miliar orang mengonsumsi air minum yang terkontaminasi tinja.

Rencananya toilet masa depan ini bernama Nano Membrane yang dibuat bersama para peneliti dari Cranfield University.

Para peneliti ini memakai roda bergerigi, sekrup dan dua ruang untuk memisahkan bahan cair dan padat lalu membersikan dan menyimpan limbah.

Cara kerjanya kurang lebih sama dengan toilet pada umumnya. Setelah digunakan, penutup toilet akan diturunkan sehingga tinja akan jatuh dan dipisahkan dari penampungan basah ke kering.

Tinja yang terkumpul lalu akan dikeringkan dalam bentuk butiran kecil dan semingu sekali butiran tersebut akan dijadikan pupuk.

Beda tinja beda juga urin. Untuk urin, alat ini akan menampungnya, menjernihkannya, lalu menampungnya ke penyimpanan lain untuk didaur ulang dan dapat digunakan untuk irigasi dan mencuci.

Sepertinya Bill Gates begitu serius dengan inovasinya mengenai tinja dan toilet masa depan ini. Inovasi gilanya ini bahkan bukan pertama kali ia lakukan, sebelumnya pada tahun 2015, ia meminum air sulingan dari feses manusia untuk menunjukan canggihnya teknologi pemurnian air miliknya. Tertarik?

Loading...

Comments