Buah Ini Jadi Obat Herbal Atasi Flu

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Buah Ini Jadi Obat Herbal Atasi Flu

Buah Ini Jadi Obat Herbal Atasi Flu

KEPONEWS.COM - Buah Ini Jadi Obat Herbal Atasi Flu Jum'at, 13 Januari 2017 | 12:30 WIBBuah EdelberryJakarta -Flu sepintas sepele, tetapi faktanya merepotkan. Tak heran banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari obat ampuh untuk mengatasi kondisi y...

Jum'at, 13 Januari 2017 | 12:30 WIB

Buah Edelberry

Jakarta -Flu sepintas sepele, tetapi faktanya merepotkan. Tak heran banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari obat ampuh untuk mengatasi kondisi yang sering mengganggu aktivitas kita ini. Salah satunya penelitian pada buah elderberry.

Semenjak dulu bunga dari tanaman ini sering digunakan untuk pereda flu. Kini, ekstraknya ada pada suatu obat flu bernama Sambucol.

Dalam penelitian yang melibatkan 60 penderita flu selama 48 jam atau kurang, dimana 90 persen terinfeksi strain virus tipe A dan 10 persen terinfeksi dengan strain virus tipe B. Setengah kelompok minum 15 mililiter Sambucol dan kelompok lainnya minum plasebo, yang diminum sebanyak empat kali sehari selama lima hari.

Hasilnya pasien dalam kelompok Sambucol mengalami peredaan gejala flu setelah tiga hari. Dan hampir 90 persen pasien kelompok ini mengalami kesembuhan total dalam waktu dua hingga tiga hari. Selain itu, kelompok Sambucol juga tidak mengalami kondisi mengantuk, yaitu efek samping dari kebanyakan obat flu.

Hasil penelitianyang dilakukan para peneliti dari Universitas Oslo, Norwegia, ini diperesentasikan pada Konferensi Tahunan ke-15 Antiviral Research yang kemudian dipublikasi dalam Journal of International Medical Research.

Lebih jauh pemimpin penelitian Erling Thorm, mengungkapkan juga bahwa kandungan antioksidan (flavonoid) pada elderberry, merangsang sistem kekebalan tubuh insan. Thorn juga menerangkan senyawa lain di dalam elderberry, yang disebut antosianin, memiliki efek anti-inflamasi. "Kandungan flavanoid dan antosianin itu yang membuat Sambucol bisa ampuh terhadap sakit, nyeri, dan demam," katanya.

Tapi, Direktur Acara Kedokteran Integratif dari Universitas Arizona, Andrew Weil. menyebutkan sebaiknya berhati-hati dengan temuan tersebut. Menurut Weil penemuan pada Sambucol baru bersifat awal. sambucol memiliki mekanisme yang belum diketahui.

HADRIANI P | WebMD

BACA JUGA:
1. Pengganti kopi dipagi hari
2. Mengapa Pria malu bilang cinta
3. Mau menikah? Simak dulu yang ini

Buah Ini Jadi Obat Herbal Atasi Flu

Comments