BRT Gratis 'Teman Bus' Resmi Beroperasi di Palembang, Diperkuat 45 Armada

Otomotif

News / Otomotif

BRT Gratis 'Teman Bus' Resmi Beroperasi di Palembang, Diperkuat 45 Armada

BRT Gratis 'Teman Bus' Resmi Beroperasi di Palembang, Diperkuat 45 Armada

KEPONEWS.COM - BRT Gratis 'Teman Bus' Resmi Beroperasi di Palembang, Diperkuat 45 Armada Laporan Reporter Tribunnews, Sanusi JAKARTA - Hari ini, Kementerian Perhubungan meluncurkan layanan transportasi perkotaan berbasis jalan yaitu Sahabat Bus. Pengoperasian Sahabat Bus ini menjadi layan...

Laporan Reporter Tribunnews, Sanusi

JAKARTA - Hari ini, Kementerian Perhubungan meluncurkan layanan transportasi perkotaan berbasis jalan yaitu Sahabat Bus.

Pengoperasian Sahabat Bus ini menjadi layanan pertama di Kota Palembang dalam program Buy The Service (BTS) dan bekerja sama dengan PT Transmusi Palembang Jaya.

Sahabat Bus merupakan kepanjangan dari Transportasi Ekonomis Mudah Andal dan Nyaman yang muncul sebagai angkutan Bus Rapid Transit (BRT) untuk penunjang mobilisasi masyarakat yang terintegrasi dengan layanan angkutan massal LRT.

Layanan Sahabat Bus dibutuhkan karena melihat kondisi layanan angkutan umum di wilayah perkotaan yang perlu penanganan lebih baik dan berkelanjutan, disamping itu juga merespon kebutuhan masyarakat perkotaan dan tuntutan perbaikan lingkungan karena perubahan iklim yang sudah di depan mata, ujar Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, Selasa (2/6/2020).

Tampilan kabin armada 'Teman Bus' Trans Musi Jaya yang resmi beroperasi di Kota Palembang, Selasa, 2 Juni 2020. Tampilan kabin armada 'Sahabat Bus' Trans Musi Jaya yang resmi beroperasi di Kota Palembang, Selasa, 2 Juni 2020. (IST)

Sahabat Bus merupakan langkah awal implementasi dari program Buy The Service (BTS) yang memberikan subsidi penuh terhadap biaya operasional layanan yang dilaksanakan oleh operator dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan.

Standar pelayanan inilah yang menjadi acuan pelayanan operator untuk layanan yang lebih baik kepada masyarakat, sehingga diharapkan lebih banyak penumpang yang beralih ke moda transportasi publik.

Karena naiknya juga gratis, lebih mudah, nyaman, dan bus akan ada di halte setiap 10 menit sekali. Penumpang cukup menyiapkan kartu non tunai, dan buka aplikasinya untuk melihat rute, jadwal dan posisi bus secara real time, jadi penumpang lebih mudah dalam mobilisasi di daerah perkotaan, katanya.

Layanan Sahabat Bus di Kota Palembang memakai 45 armada dengan rute layanan di 3 koridor, yaitu Koridor 1 Terminal Alang Alang Lebar Dempo, Koridor 2 Asrama Haji - Terminal Sako dan Koridor 3 Terminal Plaju - Pasar Induk Jakabaring.

Sahabat Bus berupa kendaraan bus ukuran sedang yang berkapasitas 40 penumpang dengan 20 tempat duduk serta bus besar yang berkapasitas 60 penumpang dengan 30 tempat duduk serta kursi prioritas.

Teman Bus2 Pengemudi yang mengoperasikan armada Sahabat Bus di Kota Palembang.

Setiap bus mempunyai 1 pintu masuk di bagian depan dengan low deck dan 1 di pintu bagian tengah ialah high deck.

Comments