Bosan sama tiramisu yang gitu-gitu aja? Yuk coba bikin matchamisu

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Bosan sama tiramisu yang gitu-gitu aja? Yuk coba bikin matchamisu

Bosan sama tiramisu yang gitu-gitu aja? Yuk coba bikin matchamisu

KEPONEWS.COM - Bosan sama tiramisu yang gitu-gitu aja? Yuk coba bikin matchamisu Suka makan dessert? Pasti tahu dong sama tiramisu? Dessert asal Italia ini memang bukan makanan baru lagi di dunia masakan. Rasanya yang manis, lembut dan berlapis-lapis membuat makanan ini disukai ba...

Suka makan dessert? Pasti tahu dong sama tiramisu? Dessert asal Italia ini memang bukan makanan baru lagi di dunia masakan. Rasanya yang manis, lembut dan berlapis-lapis membuat makanan ini disukai banyak orang. Tapi kadang suka bosan nggak sih sama rasa tiramisu yang gitu-gitu aja?

Nah buat kamu yang bosan sama tiramisu dan pengen nyoba resep baru, coba bikin matchamisu yuk! Matchamisu itu kepanjangan dari matcha tiramisu. Kebayang dong manisnya tiramisu digabung dengan matcha. Jadi kamu bisa menyantap tiramisu tapi dengan cita rasa yang berbeda. Berikut resep dan cara membuat matchamisu yang lansir dari ohhowcivilized.com, Selasa (23/1).

Bahan sirup matcha:
1. 3/4 cup air
2. 1/2 cup gula
3. 1 sdm matcha

Bahan kudapan manis bolu matcha:
1. 4 butir telur
2. 7 sdm gula
3. 3/4 cup terigu
4. 1 1/2 sdm matcha
5. Gula halus secukupnya untuk hiasan taburan

Bahan krim matcha:
1. 2 butir kuning telur
2. 1 sdm rhum
3. 2/3 cup keju mascarpone
4. 1/2 cup heavy cream
5. 1 sdm matcha, kalau bisa dilebihkan untuk hiasan taburan

Cara membuat:

1. Pertama buat sirup matchanya terlebih dahulu, masak 3/4 cup air dan 1/2 cup gula dalam panci. Didihkan hingga 3 menit, kemudian biarkan sampai dingin.

2. Setelah dingin, campurkan 1 sdm matcha dan aduk merata.

3. Kemudian buat kudapan manis bolu matcha, nyalakan oven dengan suhu 350 derajat F. Letakkan kertas roti di atas loyang berukuran 13x18 cm. Kamu bisa mengoles sedikit mentega atau minyak disetiap ujung loyang kalau kertas roti sering menggulung sendiri. Lalu, taburkan gula halus di atas kertas roti. Sisihkan.

4. Pisahkan 4 butir putih dan kuning telur. Masukkan putih telur ke dalam wadah mixer dan aduk dengan kecepatan rendah selama 1 menit. Ubah kecepatan mixer ke medium sambil memasukkan 7 sdm gula sedikit demi sedikit.

5. Setelah menambahkan gula, uabah kecepatan sampai maksimum. Aduk hingga adonan putih telur menjadi kaku dan terlihat mengkilap.

6. Tambahkan 4 butir kuning telur dan aduk hingga rata.

7. Masukkan 1 1/2 sdm matcha dan 3/4 cup terigu ke dalam adonan telur tadi lalu aduk kembali hingga semua bahan menyatu.

8. Tuangkan adonan kudapan manis bolu ke dalam loyang dan ratakan.

9. Taburkan gula halus di atas adonan yang sudah diratakan.

10. Masukkan ke dalam oven dan panggang selama 10 menit. Gunakan pemotong kudapan manis berbentuk lingkaran untuk memotong kudapan manis.

11. Tahap selanjutnya yaitu membuat krim matcha. Didihkan air secukupnya dalam sebuah panci. Lalu masukkan 2 kuning telur, 1 sdm gula, dan 1 sdm rhum pada mangkuk berbeda yang terbuat dari stainless steel dan taruh di atas panci yang berisi air mendidih tersebut.

12. Aduk terus menerus ke tiga bahan yang sudah dimasukkan tadi sampai mengental. Kurang lebih selama 5 menit dan kemudian dinginkan selama 5 menit.

13. Dalam mangkuk yang berbeda, kocok 1/2 cup heavy cream hingga berubah menjadi halus.

14. Campurkan adonan heavy cream dengan adonan telur lalu aduk sampai rata.

15. Masukkan 1 sdm matcha lalu aduk rata. Kemudian tambahkan 2/3 cup keju mascarpone dan di aduk kembali sampai rata.

16. Tahap terkahir yaitu menata matchamisu. Siapkan gelas berukuran kecil lalu masukkan satu potong bolu matcha. Sesuaikan lagi ukuran bolu dengan gelas.

17. Tambahkan satu sendok sirup matcha di atas bolu matcha. Lalu tambahkan krim matcha di atasnya. Untuk layer selanjutnya tambahakan lagi satu potong bolu matcha, tuang sirup matcha sekali lagi, oleskan krim matcha dan terakhir taburkan gula halus sebagai pemanis tampilan. Matchamisu pun siap disajikan.

RECOMMENDED

Comments