Borobudur Marathon 2022, Empat Ribu Pelari Berpesta dalam Semarak Sambutan dan Kehangatan Warga

All Sports

Sports / All Sports

Borobudur Marathon 2022, Empat Ribu Pelari Berpesta dalam Semarak Sambutan dan Kehangatan Warga

Borobudur Marathon 2022, Empat Ribu Pelari Berpesta dalam Semarak Sambutan dan Kehangatan Warga

KEPONEWS.COM - Borobudur Marathon 2022, Empat Ribu Pelari Berpesta dalam Semarak Sambutan dan Kehangatan Warga Borobudur Marathon 2022, 4.000 Pelari Berpesta dalam Semarak Kehangatan Warga MAGELANG - Borobudur Marathon ialah perayaan bagi pelari. Pada gelaran Bank Jateng Tilik Candi, lebih dari 4.000 pelari be...

Borobudur Marathon 2022, 4.000 Pelari Berpesta dalam Semarak Kehangatan Warga

MAGELANG - Borobudur Marathon ialah perayaan bagi pelari. Pada gelaran Bank Jateng Tilik Candi, lebih dari 4.000 pelari berpesta dalam semarak sambutan dan kehangatan warga di sekitar Borobudur.

Bank Jateng Tilik Candi merupakan kompetisi lari dengan jarak 21,097 kilometer atau setengah maraton. Tahun ini, ajang ini diikuti 4.552 pelari umum dari banyak sekali wilayah di Indonesia dengan sistem ballot.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas para pelari pukul 05.00 di Taman Lumbini, Borobudur, Sabtu, 12 November 2022 setelah seluruh peserta menyanyikan Indonesia Raya bersama-sama dengan dipimpin penyanyi Regina Ivanova. Ganjar sendiri lantas bergabung dengan para pelari untuk menuntaskan setengah maraton.

Borobudur Marathon 2022 Lomba Wisata Kelas Dunia, Nurshodiq dan Pretty Sihite Jadi yang Tercepat

Pelari pertama yang berhasil mencapai garis finis merupakan Khairullah dengan catatan waktu 1 jam 18 menit 2 detik.

Berikutnya menyusul Irwandi Fokatea dengan 1 jam 19 menit 29 detik dan Wartono dengan 1 jam 20 menit 23 detik. Mereka menempati tiga podium kategori putra.

Sementara di kategori putri, Ai Kusniati berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 jam 30 menit 5 detik. Catatan waktu ini melampaui juara pertama Tilik Candi 2021, Chandra Dewi, yang menyelesaikan setengah maraton dalam waktu 1 jam 49 menit.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bergabung dengan para pelariGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bergabung dengan para pelari untuk menuntaskan setengah maraton pada ajang Borobudur Marathon 2022, Sabtu, 12 November 2022. Sebelumnya, Ganjar Pranowo melepas para pelari pukul 05.00 di Taman Lumbini, Borobudur, setelah seluruh peserta menyanyikan Indonesia Raya bersama-sama dengan dipimpin penyanyi Regina Ivanova.

Saya menikmati berlari di Borobudur Marathon, rutenya menyenangkan dan steril dari kendaraan. Soal tanjakan atau turunan, saya sudah biasa karena saya berasal dari Pengalengan, daerah pegunungan, jadi tahu cara menyikapinya, ujar Ai yang juga merasa disemangati dengan panduan sorak (cheering) di sepanjang rute.

Sebelumnya, Komite Borobudur Marathon yang terdiri atas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Bank Jateng, Harian Kompas, dan Yayasan Borobudur Marathon menjanjikan tambahan hadiah Rp 27 juta bagi juara yang berhasil memecahkan rekor kecepatan juara Tilik Candi tahun lalu. Dengan begitu, Ai mendapatkan hadiah utama Tilik Candi Rp 15 juta, ditambah dengan bonus.

Sementara itu, pada podium kedua dan ketiga Tilik Candi putri berdiri Yulia yang bisa merampungkan setengah maratonnya dalam 1 jam 40 menit 54 detik dan Risa dengan catatan waktu 1 jam 42 menit 43 detik.

Ribuan Pelari Songsong Borobudur Marathon 2022, Hidupkan Wisata Olahraga di Magelang

Kehangatan warga

Peserta lari Borobudur Marathon 2022 mendapat sambutan wargaPeserta lari Borobudur Marathon 2022 mendapat sambutan warga sekitar, Sabtu 12 November 2022. Hal Yang begitu khas dari perhelatan Borobudur Marathon ialah keterlibatan warga yang aktif dalam menyambut para pelari. Pada rute Tilik Candi, peserta memang mulai berlari dari Taman Lumbini, lantas melewati sejumlah desa untuk kembali finis di Taman Lumbini.

Hal Yang begitu khas dari perhelatan Borobudur Marathon merupakan keterlibatan warga yang aktif dalam menyambut para pelari.

Pada rute Tilik Candi, peserta memang mulai berlari dari Taman Lumbini, lantas melewati sejumlah desa untuk kembali finis di Taman Lumbini.

Sepanjang rute, banyak warga berdiri di pinggir jalur berlari untuk meneriakkan kata-kata semangat. Ribuan anak-anak dan remaja yang datang dari beragam sekolah secara kreatif menampilkan panduan sorak untuk memeriahkan suasana dan mendorong pelari untuk dengan gembira mencapai finis.

Comments