Bor Penjelajah Mars Hancurkan Batu Sampel saat Terlalu Bersemangat

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Bor Penjelajah Mars Hancurkan Batu Sampel saat Terlalu Bersemangat

Bor Penjelajah Mars Hancurkan Batu Sampel saat Terlalu Bersemangat

KEPONEWS.COM - Bor Penjelajah Mars Hancurkan Batu Sampel saat Terlalu Bersemangat Curiosity, robot NASA di Mars. (NASA) Curiosity penjelajah Mars milik NASA meninggalkan tanda baru dari aktivitas pengeboran. Robot ini terllu bersemangat hingga tak sengaja memecahkan batu Mars denga...

Curiosity, robot NASA di Mars. (NASA)

Curiosity penjelajah Mars milik NASA meninggalkan tanda baru dari aktivitas pengeboran. Robot ini terllu bersemangat hingga tak sengaja memecahkan batu Mars dengan siistem bornya.

Robot Curiosity ini sendiri mempunyai misi mengumpukan sampel batuan untuk dianalisis ilmuwan di Bumi.

"Dalam proses pengeboran, Curiosity memecahkan batu yang terkadang terlalu ke tepi, tetapi masih mengumpulkan sampel yang cukup untuk melakukan analisis rinci," kata Ashley Stroupe, insiyur operasi misi NASA, seperti dikutip CNET, Rabu (21/10/2020).

Tim di balik Curiosity sedang menyelidiki beberapa modul abu-abu gelap yang menarik di lokasi pengeboran bernama Groken.

Ilustrasi permukaan planet Mars (Shutterstock).Ilustrasi permukaan planet Mars (Shutterstock).

"Kami berharap bahwa studi kami perihal sasaran bor Groken akan memungkinkan kami untuk menggali sejarah kuno Mars secara lebih rinci," ucap Mark Salvatore, ahli geologi planet dari University of Michigan.

Pekerjaan pengeboran Curiosity mengalami pasang surut. Robot itu pernah menemukan batu yang terlalu sulit dibor dan tim bekerja melalui beberapa masalah mekanis pada 2018. Tetapi, akhirnya bisa menyelamatkan bor. Groken sendiri merupakan lubang bor ke-29 yang berhasil dibuat di Mars.

Pecahan batu dari jejak Curiosity menjadi bahan utama bagi arkeolog ruanng angkasa masa depan untuk belajar mengenai sejarah awal mengenai eksplorasi Planet Mars. (Lintang Siltya Utami)

Comments