Bongkahan Emas Seukuran Kepala Bayi Dijual Seharga Lebih dari Rp 14 Miliar

Unik

Ragam / Unik

Bongkahan Emas Seukuran Kepala Bayi Dijual Seharga Lebih dari Rp 14 Miliar

Bongkahan Emas Seukuran Kepala Bayi Dijual Seharga Lebih dari Rp 14 Miliar

KEPONEWS.COM - Bongkahan Emas Seukuran Kepala Bayi Dijual Seharga Lebih dari Rp 14 Miliar Sebuah bongkahan emas langka seukuran kepala bayi telah disiapkan untuk dijual seharga satu juta dolar (sekitar Rp 14,4 miliar), 23 tahun setelah ditemukan. The Centennial Nugget, yang beratnya sekita...

Sebuah bongkahan emas langka seukuran kepala bayi telah disiapkan untuk dijual seharga satu juta dolar (sekitar Rp 14,4 miliar), 23 tahun setelah ditemukan.

The Centennial Nugget, yang beratnya sekitar 9kg, ditemukan oleh penambang emas Barry Clay di Swift Creek di Alaska, AS, pada tahun 1998.

Dia menemukan sisa berharga dari Demam Emas Klondike tahun 1896 sambil mendorong tanah dengan buldosernya di sepanjang tepi Tambang Swift Creek.

Ini telah dicatat sebagai bongkahan emas terbesar yang ditemukan di Alaska, dan hanya lebih kecil dari nugget Boot of Cortez yang ditemukan di Meksiko yang beratnya 10,8 kg.

Pemilik, yang memperoleh nugget dari Clay lebih dari 20 tahun yang lalu, sekarang menjualnya dengan Heritage Auctions di Dallas bersama sejumlah barang berharga lainnya.

Seorang juru bicara Heritage mengatakan: Alaska Centennial Gold Nugget ialah bongkahan emas terbesar yang pernah ditemukan di Negara Bagian Alaska.

Ditemukan pada tahun 1998 di sepanjang Swift Creek dekat Kota Ruby, Alaska oleh Barry Clay, yang menemukan penemuan emas ini dan langsung membuat sejarah.

Alaska Centennial Nugget dijual ke kolektor pribadi, di mana dia tetap menjadi koleksinya sampai sekarang. Penawaran ini merupakan kesempatan sekali seumur hidup.

Namun bongkahan emas yang terkenal hanyalah salah satu bagian dari rangkaian lengkap kristal berharga, artefak, dan bahkan geyser emas di pelelangan.

Craig Kissick, direktur alam dan sains di Heritage Auctions, dan Joe Maddalena, Wakil Presiden Eksekutif, mempresentasikan nugget emas di YouTube sebagai bagian dari lelang yang berlangsung pada 8 Desember mendatang.

Kissick mengatakan: Saya pikir itu seharusnya ada di Smithsonian Institution karena itu ialah bongkahan emas yang pernah ditemukan.

Mayoritas emas yang ditambang dimurnikan.

Kissick menambahkan: Sebuah bongkahan emas satu ons bahkan lebih langka daripada berlian lima karat, dan sekelompok spesimen emas langka seperti ini tidak pernah ditampilkan di pelelangan.

Maksudku, itu besar, itu indah. Ini akan memeriksa setiap kotak yang mungkin tetapi fakta bahwa itu merupakan barang bawaan yang pernah ditemukan di negara bagian Alaska. Apa lagi yang bisa Kamu katakan? (yn)

Sumber: Metro

Comments