Bolehkah Minum Susu saat Santap Sahur?

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Bolehkah Minum Susu saat Santap Sahur?

Bolehkah Minum Susu saat Santap Sahur?

KEPONEWS.COM - Bolehkah Minum Susu saat Santap Sahur? Tidak melewatkan santap sahur sangat penting dilakukan agar tubuh tetap sehat dan berenergi selama berpuasa seharian. Untuk menu sahur, biasanya setiap orang mempunyai referensi berbeda-beda. Ada yang...

Tidak melewatkan santap sahur sangat penting dilakukan agar tubuh tetap sehat dan berenergi selama berpuasa seharian.

Untuk menu sahur, biasanya setiap orang mempunyai referensi berbeda-beda. Ada yang sudah cukup dengan satu piring makanan berisi karbohidrat, serat, lemak dan protein. Tapi ada sebagian orang juga yang hobi mengonsumsi segelas susu sebagai asupan tambahan, dengan tujuan agar lebih berenergi dan tak cepat merasa lapar.

susu

Tapi dari segi kesehatan, sebetulnya apakah meminum segelas susu sebagai salah satu menu asupan sahur itu diperbolehkan?

Dijelaskan oleh dr. Indah Fitriani, Sp.PD, meminum segelas susu saat santap sahur sebaiknya dilakukan dengan melihat kandungan nutrisi dari makanan sahur yang sudah dikonsumsi terlebih dahulu. Pasalnya, asupan susu nyatanya memang menambah kalori ke tubuh.

Sebenarnya kalau kita yakin asupan makanan kita baik, sudah cukup nutrisinya, tubuh tidak perlu tambahan susu lagi. Karena asupan susu justru akan menambah kalori yang masuk ke dalam tubuh, kata dr. Indah, saat dihubungi MNC Portal Indonesia, baru-baru ini.

Dokter Indah menambahkan, asupan susu sebagai salah satu menu saat makan sahur ini harus dilihat dulu per kasusnya. Karena, bagi sebagian orang dengan kondisi kesehatan tertentu, bisa saja memang direkomendasikan oleh dokter yang menangani.

Tapi sekali lagi, perlu dilihat kasus per kasus. Jikalau asupan susunya memang sudah masuk dalam hitungan kalori harian, atau memang disarankan oleh dokter yang menangani, boleh-boleh saja asupan susu, pungkasnya.

(DRM)

Comments