Bolehkah Kulit Cacar Air Ditaburi Bedak? Ini Jawaban Dokter

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Bolehkah Kulit Cacar Air Ditaburi Bedak? Ini Jawaban Dokter

Bolehkah Kulit Cacar Air Ditaburi Bedak? Ini Jawaban Dokter

KEPONEWS.COM - Bolehkah Kulit Cacar Air Ditaburi Bedak? Ini Jawaban Dokter BANYAK sekali rumor yang beredar di masyarakat terkait sakit cacar air. Salah satu yang cukup banyak dipercaya merupakan luka kulit karena cacar air bisa sembuh kalau ditaburi bedak. Apakah Kamu terma...

BANYAK sekali rumor yang beredar di masyarakat terkait sakit cacar air. Salah satu yang cukup banyak dipercaya merupakan luka kulit karena cacar air bisa sembuh kalau ditaburi bedak. Apakah Kamu termasuk yang percaya dengan hal tersebut?

Bedak tabur dianggap bisa mengobati cacar air. Rasa gatal yang kerap muncul dari luka-luka di kulit karena cacar air dianggap bisa diredam dengan bedak tabur.

Ternyata Cacar Monyet Dapat Dicegah dengan Vaksin Cacar Air

Lantas, benarkah pemahaman ini?

Dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin Anthony Handoko SpKK FINSDV menerangkan bahwa pemahaman tersebut sangat keliru. "Bedak tabur tidak bisa mengobati cacar," tegasnya dalam webinar kesehatan, Kamis (8/4/2021).

Ilustrasi cacar. (Foto: WebMD)

Kepercayaan menaburi bedak di kulit yang sedang cacar dapat menyembuhkan penyakitnya ternyata mitos, jadi jangan percaya lagi. Meski begitu, dr Anthony coba menerangkan mengapa hal ini bisa beredar luas di masyarakat.

Cegah Cacar Monyet, KKP Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

Ia menerangkan, bila membahas bedak tabur, maka akan ditemukan kandungan tertentu yang memberikan sensasi dingin dan menyejukkan.

"Ini yang kemudian dianggap menyembuhkan luka cacar yang terasa sangat gatal dan perih. Kalau bedak tabur bisa mengurangi rasa gatal, itu benar. Tapi kalau mengobati, itu sangat keliru," jelasnya.

Comments